PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN PROPORSI BADAN WANITA SECARA DIGITAL MENGGUNAKAN COREL DRAW UNTUK SISWA KELAS XI SMK TATA BUSANA

Melinda Anissa Puspita, Sugiyem, M.Pd.

Abstract


Penelitan ini bertujuan: 1) mengembangkan video pembelajaran pembuatan proporsi badan wanita secara digital, 2) mengetahui kelayakan video pembelajaran pembuatan proporsi badan wanita secara digital. Penelitian ini menggunakan pengembangan dari Borg&Gall yang disederhanakan Tim Puslitjaknov. Validitas instrument menggunakan validitas isi berdasarkan pendapat ahli (judgement expert) dinyatakan valid dan reliabilitas inter-rater didapatkan hasil kesepakatan bahwa reliabel. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian; (1) video pembelajaran pembuatan proporsi badan wanita 5 tahap pengembangan; (a) analisa kebutuhan produk berupa analisis kurikulum,silabus,analisis kebutuhan dengan observasi dan wawancara kepada guru dan siswa; (b) pengembangan produk awal video pembelajaran dengan 3 tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi; (c) hasil kelayakan ahli materi dan media dengan presentase sebesar (100%) yang dikategorikan “layak”; (d) hasil uji coba lapangan skala kecil kepada 6 siswa diperoleh skor rata-rata 64 pada kategori “layak”; (e) hasil uji coba lapangan skala besar kepada 31 siswa diperoleh skor rata-rata 64 pada kategori “layak”. (2) kelayakan pada video pembelajaran pembuatan proporsi badan wanita secara digital dari penilaian ahli materi dan media, uji skala kecil, uji skala besar dinyatakan layak sehingga menghasilkan video pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas XI SMK Tata Busana.
Kata kunci: pengembangan, video, proporsi badan secara digital.

 

This study aimed to: 1) develop a learning video for making the female body proportion digitally, and 2) find out the appropriateness of the developed learning video. The study used Borg and Gall’s development model simplified by a team at the Center for Policy and Innovation studies. . The instrument validity was assessed in terms of the content validity through expert judgment and the result was appropriate. The reliability was assessed by the inter-rater technique and the result showed an agreement. The data were analyzed using descriptive statistics. The results of the study were as follows. (1) The product was a learning video for making the female body proportion through 5 stages, namely: (a) needs analysis of the product in the form of analyses of the curriculum and syllabus and needs analysis through observations and interviews with teachers and students; (b) preliminary product development of the learning video through 3 stages, namely the pre-production, production, and post-production stages; (c) the appropriateness according to the materials and media experts by 100% in the appropriate category; (d) the results of the small-scale field tryout involving 6 students with a mean score 64 in the appropriate category, making the video appropriate; and (e) the results of the large-scale field tryout involving 31 students with a mean score 64 in the appropriate category, making the video appropriate. (2) The learning video for making the female body proportion digitally, based on the assessments by the materials and media experts, the small-scale tryout, and the large-scale tryouts, was appropriate and could be used as learning media for Grade XI students of the VHS of Fashion Design.
Keywords: development, video, body proportion digitally

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Imam Mustholiq MS, Sukir & Ariadie Chandra. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Dasar Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. Volume 16, Nomor 1, Mei 2007.

Sawitri,S dkk. (2000). Ilustrasi Mode. Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukoco, Arifin, Z., Sutinah, et.al. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. Volume 22, Nomor 2, Oktober 2014. Hlm. 215.

Tim Pulsitjanov. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan

Widarwati, Sri. 1993. Disain Busana 1. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta

Zainal Arifin, Martubi, Kir Haryana. Moch. Solikin & Ibnu Siswanto. (2014). Penyelarasan Kurikulum Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNYBerbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jurnal PendidikanTeknologi dan Kejuruan (Nomor 1 Volume 22 Mei)




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i5.17089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1