PENINGKATAN HASIL BELAJAR MERENDA (CROCHET) MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN BANDTUAN JOBSHEET UNTUK SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR

Afifah Putri Cahyani, Dra. Enny Zuhni Khayati, M.Kes

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya dengan
bantuan jobsheet yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi merenda untuk siswa kelas
X Tata Busana SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
menggunakan model spiral Kemmis dan Mc.Taggart, dilakukan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah lembar observasi, tes tertulis, dan tes unjuk kerja. Sedangkan realibilitas
menggunakan metode Antar Renter denggan menggunakan Procentage Of Agreement yang
menyatakan bahwa instrument reliabel dan dapat digunakan dalam penelitian. Penelitian ini
menggunakan deskripsif kuantitatif sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian adalah penerapan
metode tutor sebaya dengan bantuan jobsheet dapat meningkatkan hasil belajar siswa ditunjukkan
dengan presentasi nilai pra siklus 15,6%, menjadi 75 % pada siklus I, dan siklus II meningkat menjadi
100%. Hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran tutor sebaya dengan bantuan jobsheet dapat
meningkatkan hasil belajar materi merenda.
Kata kunci: Tutor sebaya, jobheet, hasil belajar, merenda

 

The purpose of this study was to apply the peer tutoring learning method with the help of a
jobsheer that could improve student learning outcomes on crochet material for Grade X students of
SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. This research is a classroom action research using the Kemmis
and Mc.Taggart spiral models, conducted in 2 cycles. Data collection methods used were observation
sheets, written tests, and performance tests. While reliability uses the Inter-Renter method by using the
Procentage of Agreement which states that the instrument is reliable and can be used in research. This
research uses descriptive quantitative as a data analysis technique. The results of the study are the
application of peer tutoring methods with the help of jobsheets can improve student learning outcomes
indicated by the presentation of the pre-cycle value of 15.6%, to 75% in the first cycle, and the second
cycle increased to 100%. This proves that peer tutoring learning methods with the help of jobsheets can
improve the learning outcomes of crochet material.
Keywords: Peer tutore, jobsheet, learning, chrochet

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2016). Media

Pembelajaran.Jakarta: PT. Raja

Grafindo

Asri. (2014). Analisis Penggunaan Model

Prove pada Pembelajaran

pengelolaan Lingkungan Hidup

Berbasis Teknologi Informasi di

Sekolah Menengah Kejuruan

(SMK).Jurnal Panrita. Vol 09. No. 03.

Mukhlis, Abdul. (2016). Pembelajaran

Tutor Sebaya: Solusi Praktis dalam

Rangka Menyongsong Sastra yang

Menyenangkan Bagi Siswa SMP.

Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia.

Vol 01. No.02.

Amin, Muhammad. (2015). Pengaruh

Pembelajaran Responsi Para

Praktikum dan Jobsheet Terpadu

Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Pada Praktik Pengukuran Listrik.

Jurnal Teknologi Kejuruan, Vol 22.

No. 04.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i5.17087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1