PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN SULAM PITA UNTUK SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Wahda Mahrina Ayubidari, Triyanto, M.A

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media video pembelajaran pembuatan sulam pita, dan 2) mengetahui kelayakan media video pembelajaran pembuatan sulam pita untuk siswa kelas XI busana butik di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh Puslitjaknov. Prosedur penelitian meliputi: 1) analisis kebutuhan; 2) pengembangan produk awal; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba skala kecil; 5) uji coba skala besar. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: 1) produk media pembelajaran berupa video pembuatan sulam pita yang dinyatakan layak melalui proses Research and Development; 2) hasil kelayakan video pembelajaran pembuatan sulam pita berdasarkan pertimbangan dari para ahli adalah “layak” dan dari siswa adalah “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci : media video pembelajaran, sulam pita, SMK.

 

This study aims to: 1) produce a video of making ribbon embroidery and 2) find out the feasibility of video making ribbon embroidery for class XI boutique fashion students Muhammadiyah Vocational School 1 Tempel. This type of research is research and development (R & D) and uses the development model of Borg & Gall which is simplified by Puslitjaknov. Research procedures include: 1) needs analysis; 2) initial product development; 3) expert validation and revision; 4) small scale trials; 5) large scale trials. The results of this development research are: 1) learning media products in the form of videos of making ribbon embroidery that were declared feasible through the Research and Development process; 2) the results of the video feasibility of making ribbon embroidery based on the consideration of the expers that is “appropriate” dan based on the students that is "very appropriate " video media used as learning media.
Keywords: video learning media, ribbon embroidery, VHS.

 


Full Text:

PDF

References


Astuti D. (2015). Pengembangan Media Adobe Flash Untuk Pembelajaran Materi Membuat Kain dengan Teknik Kaitan (Crochet) Pada Mata Pelajaran Tekstil di SMK N 1 Sewon. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas negeri Yogyakarta, Yogyakarta

Mardapi,D. (2012). Penggukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Nuha Medika

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono,A., et all. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tim Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembangan . Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i4.17081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1