PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART WARNA DAN KOMBINASI WARNA UNTUK ABK DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA

Hesmarra Harna Murti, Dr. Widihastuti, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk flipchart sebagai media pembelajaran
seni rupa murni pada mata pelajaran seni rupa di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta, 2) mengetahui
kelayakan media flipchart materi warna dan kombinasi warna pada mata pelajaran seni rupa di SMP
Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research
and Development). Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang telah
disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Subjek penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus
kategori slowlearner di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan
observasi, wawancara dan angket non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian berupa: 1) produk media pembelajaran flipchart materi warna dan kombinasi warna
dinyatakan layak melalui proses Research and Development, 2) media pembelajaran flipchart materi
warna dan kombinasi warna dari ahli media dan ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 100 termasuk
dalam kategori layak, media ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media belajar. Berdasarkan
hasil uji coba skala kecil nilai rata-rata 95,5 sehingga termasuk dalam kategori layak. Selanjutnya hasil
dari uji coba skala besar nilai rata-rata 99,6 sehingga termasuk dalam kategori sangat layak. Dengan
demikian media flipchart warna dan kombinasi warna dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan
sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: media flipchart, warna, kombinasi warna, seni rupa, ABK, SMP

 

This study aims to: 1) produce flipchart products as media of pure art learning in fine arts
subjects in middle school Muhammadiyah 9 Yogyakarta, 2) knowing the feasibility of media material
flipcharts color and color combination in fine arts subjects in middle school Muhammadiyah 9
Yogyakarta. This type of research is research and development (Research and Development). This
study refers to the development model of Borg and Gall which has been simplified by Tim Puslitjaknov.
The subject of this research is students with needs specifically the category of slow learner at
Muhammadiyah Middle School 9 Yogyakarta. Method data collection by observation, interviews and
non-test questionnaires. Technique Data analysis uses descriptive analysis techniques. The results of
the study were: 1) flipchart material learning media products colors and color combinations are
declared feasible through the Research and process Development, 2) learning media flipchart color
material and rice combine colors from media experts and material experts get an average value of 100
included in the feasible category, this media is declared feasible to use as a learning medium. Based
on the results of small-scale trials get an average value 95.5 so that it is included in the feasible
category. Then the results of the scale trial large get an average value of 99.6 so that it falls into the
very decent category. Thus media flipchart color material and color combinations is very suitable to
be used as a media learning.
Keywords: flipchart media, color, color combination, art, ABK, junior high school

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran,

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Efendi, M. (2008). Pengantar

Psikopendagogik Anak Berkelainan.

Jakarta: PT Bumi Aksara

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu

Media Pengajaran. Yogyakarta:

Diva Press

Thomson. J. (2010). Memahami Anak

Berkebutuhan Khusus. Jakarta:

Esensi

Sadiman, A.S. (2014). Media Pendidikan :

Pengertian, Pengembangan, dan

Pemanfaatannya, Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada

Sartika, Y. (2013). Ragam Media

Pembelajaran Adaptif Untuk Anak

Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta:

Familia




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i4.17073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1