PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PEMBELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI SISWA KELAS XI DI SMKN 1 PANDAK

Rumaisha Nur Ulya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat pengetahuan siswa kelas XI tentang K3
pada pembelajaran pembuatan busana industri di SMK Negeri 1 Pandak Bantul, (2) sikap siswa kelas
XI dalam menerapkan K3 pada pembelajaran pembuatan busana industri di SMK Negeri 1 Pandak
Bantul, (3) penerapan K3 pada pembelajaran pembuatan busana industri siswa kelas XI di SMK
Negeri 1 Pandak Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan lembar observasi. Teknik analisis data
dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian diketahui: (1) tingkat pengetahuan siswa kelas XI
tentang K3 pada pembelajaran pembuatan busana industri di SMK Negeri 1 Pandak Bantul 62,5%
siswa termasuk kategori tinggi, (2) sikap siswa kelas XI dalam menerapkan K3 pada pembelajaran
pembuatan busana industri di SMK Negeri 1 Pandak Bantul sebanyak 50% siswa termasuk kategori
sangat baik dan baik, (3) penerapan K3 pada pembelajaran pembuatan busana industri siswa kelas XI
di SMK Negeri 1 Pandak Bantul memiliki rata-rata siswa sangat menerapkan tindakan K3 sebesar
39,83% siswa.
Kata Kunci : Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja, pembuatan busana industri, sekolah
menengah kejuruan

This study aims to find out: (1) the level of knowledge of class XI students about OSH in learning to
make industrial clothing at SMK Negeri 1 Pandak Bantul, (2) attitudes of class XI students in
implementing OSH in learning to make industrial clothing at SMK Negeri 1 Pandak Bantul (3) the
application of OSH on learning to make industrial clothing for grade XI students at SMK Negeri 1
Pandak Bantul. This research is a descriptive study with a survey approach. Data collection
techniques used tests, questionnaires and observation sheets. Data analysis techniques with
descriptive statistical analysis. The results of the study revealed: (1) the level of knowledge of class XI
students about OSH in learning to make industrial clothing at SMK Negeri 1 Pandak Bantul 62.5% of
students included in the high category, (2) attitudes of class XI students in applying OSH in learning
fashion manufacturing in 50% of the SMK Negeri 1 Pandak Bantul students are in the very good and
good category, (3) the application of OSH in the learning of industrial fashion making for class XI
students at SMK Negeri 1 Pandak Bantul has an average of 39.33% of students applying the OSH
action .
Keywords: Application of occupational safety and health, manufacturing of industrial clothing,
vocational high school

 


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan (Editor). 2002. Kamus Besar

Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta:

Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. (1995). Sikap Manusia:

Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI

Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem

Pendidikan Nasional.

Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana Jilid 1.

Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah

Menengah Kejuruan.

Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana Jilid 3.

Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah

Menengah Kejuruan.

Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hargiyanto, Putut. (2011). Analisis Kondisi

dan Pengendalian Bahaya di

Bengkel/Laboratorium Sekolah

Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian:

Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan Universitas Negeri

Yogyakarta (vol. 20 Nomor 2). Hal 203-

Hidayat, N & Wahyuni, I. (2016). Kajian

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Bengkel di Jurusan Pendidikan Teknik

Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik

UNY. Jurnal Penelitian: Jurnal

Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

Universitas Negeri Yogyakarta (vol. 23

Nomor 1). Hal 52-53.

Hirano, Hiroyuki. (1992). Penerapan 5S di

Tempat Kerja (Paulus A. Setiawan).

Jakarta: PHP.

Ismara, K. Ima. dkk. (2018). Prinsip-Prinsip

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

dalam LKS SMK. Yogyakarta: UNY

Press.

Indrayani & Suliyanti, I. (2014). Kajian

Penerapan Kesehatan dan Keselamatan

Kerja (K3) dalam Proses Belajar

Mengajar di Bengkel dan Laboratorium

Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal

Penelitian: Jurnal Teknik Sipil

Politeknik Negeri Sriwijaya (Volume 10

Nomor 1) Hal. 27-36.

Iridiastadi, H & Yassierli. (2017). Ergonomi

Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja

Rodsdakarya Offset.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia. (2013). Modul

Keselamatan Kerja dan Kesehatan

Lingkungan 2 Kelas X. Bandung:

Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan Republik Indonesia.

Kementrian Tenaga Kerja daUlya) 11n Transmigrasi.

(2010). Peraturan Menteri Tenaga

Kerja dan Transmigrasi Nomor 08,

Tahun 2010, tentang Alat Pelindung

Diri.

Khayati, E, Z, & Jerusalem, M, A. (2010).

Modul Keselamatan dan Kesehatan

Kerja. Yogyakarta: UNY Press.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan

dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT.

Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan

dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT.

Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. (2005). Metodologi

Penelitian Kesehatan Edisi Revisi..

Yogyakarta: PT. Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. (2007). Promosi

Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta:

Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Promosi

Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Cetakan

I.. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Permenaker. (1996). Permenaker RI Nomor 5,

Tahun 1996, tentang Sistem Manajemen

Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Permendikbud. (2013). Permendikbud RI

Nomor 70, Tahun 2013, tentang

Kerangka Dasar dan Struktur

Kurikulum Sekolah Menengah

Kejuruan / Madrasah Aliyah Kejuruan.

Sugiyono, Dendi. (2008). Kamus Besar

Bahasa Indonesia. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suma’mur. (1987). Kesehatan Kerja dan

Pencegahan Kecelakaan, Jakarta: CV.

Haji Mas

Tim K3 FT UNY. (2014). Buku Ajar

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Fakultas Teknik Universitas Negeri

Yogyakarta. Yogyakarta: UNY Press.

TIM Tugas Akhir Skripsi. (2016). Pedoman

Penyusunan Tugas Akhir Skripsi.

Yogyakarta : Universitas Negeri

Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i3.17070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1