PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHIAS BUSANA DENGAN TEKNIK SULAMAN FANTASI DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Nurul Wahida Ayudia, Dr. Widihastuti, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (a) melihat penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam mata pelajaran menghias busana dengan teknik sulaman fantasi siswa kelas XI Tata Busana SMK Karya Rini Yogyakarta. (b) mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran menghias busana siswa kelas XI Tata Busana SMK Karya Rini Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Kompetensi Dasar yang dipilih yaitu menganalisis rancangan sulaman fantasi dalam suatu produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Karya Rini Yogyakarta yang berjumlah 21 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi pelaksanaan metode pembelajaran Two Stay Two Stray, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif presentase. Penerapan metode pembelajaran pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) sesuai sintak yang disandingkan dengan pendekatan saintifik bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menghias busana pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Karya Rini Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai hasil belajar menghias busana dari siklus I dengan rata-rata 75,98 menjadi 84,67 pada siklus II, dan prosentase ketuntasan belajar meningkat dari siklus I sebesar 57,14% menjadi 100% pada siklus II.
Kata Kunci : Metode Pembelejaran Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Sulaman Fantasi

 

This study aims to: (a) see the application of cooperative learning methods type two stay two stray in the subjects to decorate clothes with fantasy embroidery techniques of class XI students of Clothing at SMK Karya Rini Yogyakarta. (b) Knowing the increase in learning outcomes with the application of the type Two Stay Two Stray cooperative learning method on dress-decorating subjects for class XI students of Clothing at SMK Karya Rini Yogyakarta. This research is a Kemmis and Taggart Class Action Research model conducted in two cycles. Each cycle consists of three stages, namely: planning, implementation and observation, and reflection. The basic competency chosen is to analyze the design of fantasy embroidery in a product. The subjects of this study were students of Class XI Fashion Design at SMK Karya Rini Yogyakarta, totaling 21 students. The data collection method used in this study was observation of the implementation of Two Stay Two Stray learning methods, performance tests, and documentation. While the data analysis used is descriptive data analysis in percentages. The application of the Two Stay Two Stray learning method in accordance with the syntax juxtaposed with the scientific approach aims to improve the learning outcomes of decorating clothes for students of class XI in Clothing at SMK Karya Rini Yogyakarta. The results showed that there was an increase in the value of learning outcomes decorating clothes from the first cycle with an average of 75.98 to 84.67 in the second cycle, and the percentage of learning completeness increased from the first cycle of 57.14% to 100% in the second cycle.
Keywords: Two Stay Two Stray Learning Method, Learning Outcomes, Fantasy Embroidery


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Huda, M. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lie, A. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian & Evaluasi Pendidikan.Yogyakarta: Nuha Medika.

Mutaqin,Totok Heru TM, dan Haryanto. (2009). Penerapan Media Interaktif dengan Pembelajaran Cooperatif Learning pada Mata Kuliah Instalasi Listrik Penerangan. JPTK UNY. 18(2). 237-240.

Sudjana, N. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdya Karya.

Suyitno. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY.http://journal.student.uny.ac.id. 23(1). 101-103




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i3.17064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1