PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTEK MENGELOMPOKKAN BAHAN TEKSTIL UNTUK SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Nawinda Jati Lestari, Dr. Widihastuti, M.Pd Dr. Widihastuti, M.Pd

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk: 1) menghasilkan buku panduan praktek mengelompokkan bahan
tekstil untuk siswa kelas X Tata Busana di SMK Karya Rini Yogyakarta; 2) mengetahui kelayakan buku
panduan praktek mengelompokkan bahan tekstil untuk siswa kelas X Tata Busana di SMK Karya Rini
Yogyakarta. Jenis penelitian ini berupa penelitian dan pengembangan (Research and Development),
dengan model pengembangan 4D. Tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari; (1) tahap
analisis; (2) tahap perencanaan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap penyebaran. Namun pada penelitian
ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan. Validitas instrumen menggunakan validitas isi yang
dilakukan oleh ahli instrumen. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta uji
keterbacaan siswa melalui uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil penelitian dan
pengembangan adalah : 1) Berupa buku panduan praktek mengelompokkan bahan tekstil yang baik dan
layak digunakan; 2) Kelayakan buku panduan praktek mengelompokkan bahan tekstil berdasarkan
pertimbangan para ahli termasuk dalam kategori sangat layak dengan nilai presentase 100%. Kelayakan
buku panduan praktek berdasarkan uji coba kelompok kecil melibatkan 8 siswa diperoleh mean 47
dengan nilai presentase (83,9%) termasuk kategori sangat layak. Sedangkan untuk uji coba kelompok
besar dengan melibatkan 25 siswa diperoleh mean 48 dengan nilai presentase (85,7%) dalam kategori
sangat layak.
Kata Kunci : Buku Panduan Praktek, Bahan Tekstil, SMK

 

This study aimed to: 1) produce a guidebook for the textile materials grouping practicum for
Grade X students of Fashion Design of SMK Karya Rini Yogyakarta, and 2) find out the appropriateness
of the developed guidebook. This was a research and development study using the 4D development model.
The stages in this research and development were: (1) analysis, (2) planning, and (3) development. The
research instrument validity and reliability were assessed through expert judgment by a instrument
expert. The product validation was carried out by a materials expert and a media expert, and a subject
matter teacher through small-scale tryout and large-scale tryout. The results of the research and
development were as follows. 1) The product was a guidebook for the textile materials grouping
practicum and it was appropriate to be used. 2) The guidebook for the textile materials grouping
practicum as media was very appropriate with a degree of 100% according to the experts. The practicum
guidebook, based on the small-group tryout involving 8 students as respondents, was very appropriate
with a mean score of 47 and a degree of 83,9%. Meanwhile, based on the large-scale tryout involving 25
students as respondents, the total mean score was 48 with a degree of 85.7%. Therefore, the developed
practicum guidebook is very appropriate to be used as learning media.
Keywords: Practicum Guidebook, Textile Materials, SMK

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian.

Jakarta : PT. Rineka Cipta

Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian &

Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Peneltian Kuantitatif,

Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widihastuti. 2013. Efektifitas Pelaksanaan KBK

pada SMK Negeri Program Keahlian Tata

Busana di Kota Yogyakarta Ditinjau dari

Pencapaian Standar Kompetensi Siswa.

Tesis. PPs-UNY.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i1.15271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1