HASIL BELAJAR KETRAMPILAN SULAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MEDIA JOB SHEET DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Aulia Fatimatuz Zahro, Dra.Enny Zuhni Khayati, M.Kes

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan ketrampilan hidup mandiri pembuatan sulaman
aplikasi (2) Mengetahui hasil belajar ketrampilan hidup mandiri pembuatan sulaman aplikasi. Jenis penelitian
adalah deskriptif dengan populasi penelitian anak panti sebanyak 71. Pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan unjuk kerja.
Validitas konstruk menggunakan Product Moment dengan hasil layak. Validitas isi menggunakan judgement expert
dengan hasil layak. Reliabilitas menggunakan inter-rater of agreement dengan hasil menyatakan reliabel. Teknik
analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Pelaksanaan pembelajaran dengan kegiatan pendahuluan;
menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran, persiapan; alat dan bahan, Proses; mengamati dan melakukan
praktik, penyelesaian, ketepatan waktu, hasil, Penutup; Disimpulkan dan menutup pelajaran. Hasil belajar anak
panti pada ketrampilan pembuatan sulaman aplikasi untuk alas meja menggunakan media jobsheet dalam kategori
positif karena sudah 80% lebih anak panti lulus. hal ini ideal keberhasilan yang di tetapkan yaitu ≥75.
Kata kunci : Hasil Belajar, Ketrampilan Sulaman Aplikasi, Media Job Sheet, Panti Asuhan Muhammadiyah
Purworejo

 

This study aims to find out: (1) Implementation of independent life skills for making embroidery on
table mats (2) The results of independent life skills learning of making embroidery techniques for
application on table mat. This type of research is descriptive. The study population was 71 orphanage
children. Sampling used purposive sampling technique. The technique of collecting data uses observation,
documentation, and performance. Construct validity by calculating using the product moment with decent
results to be used. While the content validity by asking for consideration to 2experts (judgment experts)
who stated that the instrument is feasible to be used in research. Reliability of instrument performance
assessment sheets uses inter-rater of agreement with reliable stated results. The implementation of
learning consists of an introduction: opening learning, Checking attendance, delivering learning
objectives. Preparation: preparing tools and materials. Process: the orphanage observes the explanation
of making embroidery applications, and then practices, neat completion, accuracy in carrying out the
tasks. Result: orphans perform tasks according to job sheet and assessment. Closing: concluded and
closed learning. The learning outcomes of orphans in the skills of making embroidery applications for
table mats using job Sheet media are in a positive category because 80% more orphanage children have
graduatrd. This is the ideal of success set are ≥ 75
Keywords: Learning Outcomes, Application Embroidery, Job Sheet, Orphanage

 


Full Text:

PDF

References


Aqib, dkk. (2009). Pelitian tindakan kelas. Bandung:

CV. Yrama Widya.

Arsyad Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta

: PT. Raja Grafindo Pustaka.

Boesra, A.J. (2007). Teknik Dasar Menyulam Untuk

Pemula. Jakarta : PT Kawan Pustaka.

Dharmayekti Endang. (2001) Menyiapkan Profesi

Guru SMK/LPK, Yogyakarta: KK/FT/FPTKUNY-UST

Hasil Belajar Ketrampilan.... (Aulia Fatimatuz Zahro)

Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana (ed.3). Jakarta :

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah

Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen

Pendidikan, Dasar dan Menengah, Departemen

Pendidikan Nasional.

Grinnel, Jr. dan Richard, M. (1988). Social Work

Research and Evaluation. Third Edition. Illionis:

F.E. Peacock Publisher.

Sanaky Hujair. AH. (2015). Media pembelajaran

interaktif-inovatif. Yogyakarta : KAUKABA

DIPANTARA.

Soemantri. V. M. Bambang. (2006). Tusuk Sulam

Dasar. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sudjana Nana. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar

Mengajar. Bandung : PT. Sinar Baru Algesindo.

Sudjana Nana dan Rivai Ahmad. (2013). Media

Pengajaran. Bandung : PT. Sinar Baru

Algesindo.

Suprananto Kusaeri. (2012). Pengukuran dan

penilaian pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Suprijono Agus. (2013). Hasil Belajar Siswa.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Prasetyo Bambang dan Jannah L. M. (2013). Metode

Penelitian Kuantitatif. Depok : PT.

Rajagrafindo Persada. .

Wening Sri. (1996). Penilaian Pencapaian Hasil

Belajar. Yogyakarta: FPTK IKIP

Yogyakarta.

Widjiningsih. (1982). Disain Hiasan Busana dan

Lenan Rumah Tangga. Yogyakarta : IKIP

Yogyakarta.

Widoyoko, S. Eko Putro (2014). Penilaian Hasil

pembelajaran di sekolah, Yogyakarta :

Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i1.15269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1