PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PEMBUATAN CELANA ANAK MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PANDAK

Ratih Novia Primasari, Dr. Emy Budiastuti, M. Pd.

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk :  (1) menerapkan Metode STAD pada pembelajaran
pembuatan celana anak, (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran
pembuatan celana anak melalui Metode STAD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
menggunakan desain model Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pandak
dengan subjek penelitian adalah kelas X BB I. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan
dokumentasi. Instrumen yang divalidasikan menggunakan validitas konstruk dan reliabilitas dengan
alpha cronbach dengan hasil 0,755 kategori cukup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) proses pembelajaran pembuatan
celana anak dengan menerapkan 5 tahapan (2) peningkatan motivasi belajar siswa dengan Metode
STAD pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 11,90% pada pra siklus nilai rata-rata adalah 37,5
meningkat menjadi 43,19 pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,42% dari nilai
rata-rata yang dicapai siklus I 43,19 dan meningkat menjadi 53,1 pada siklus II. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa melalui Metode STAD motivasi belajar siswa dapat meningkat.

Kata kunci : motivasi belajar, celana anak, STAD

IMPROVING LEARNING MOTIVATION IN MAKING CHILDREN’S PANTS THROUGH THE
STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) METHOD AMONG GRADE X
STUDENTS OF SMK NEGERI 1 PANDAK  

ABSTRACT
This study aimed to: (1) apply the STAD method in the learning of making children’s pants, and
(2) find out the improvement of students’ learning motivation in the learning of making children’s pants
through the STAD method. This was a classroom action research study using Kemmis and McTaggart’s
model. The study was conducted at SMK Negeri 1 Pandak. The research subjects were the students of
Grade X. The data were collected through observations and documentation. The instrument validity was
assessed in terms of the construct validity and the reliability was assessed by alpha cronbach the
technique, yielding a coefficient of 0.755 in the moderate category. The data analysis technique was the
descriptive analysis technique using percentages. The results of the study were as follows. (1) The
process of the learning of making children’s pants applied 5 stages. (2) Regarding the improvement of
the students’ learning motivation with the STAD Method, in Cycle I their learning motivation improved
by 11.90%, from a mean score of 37.5 in the pre-cycle to 43.19 in Cycle I. In Cycle II, their learning
motivation improved by 16.42%, from a mean score of 43.19 in Cycle I to 53.1 in Cycle II. Therefore, it
could be concluded that through the STAD Method students’ learning motivation improved.

Keywords: learning motivation, children’s pants, STAD


Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2006). Pengantar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan

Instrumen Tes dan Nontes.

Yogyakarta:Mitra Cendikia Press.

Robert. E Slavin. (2010). Cooperative

Learning Teori, Riset dan Praktik.

Bandung: Nusa Media




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i7.14586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1