PENILAIAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN KERAH KEMEJA PADA SISWA KELAS XII JURUSAN TATA BUSANA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Listia Wulandari, sugiyem, M.Pd Sugiyem, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pembuatan kerah kemeja pada aspek
jahitan, ukuran, bentuk, tampilan dan pelapis pada siswa kelas XII jurusan Tata Busana di SMK
Muhammadiyah 1 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian dalam
penelitian ini adalah 29 siswa kelas XII jurusan Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Tempel.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian unjuk kerja. Teknik analisis
yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar
pembuatan kerah kemeja pada siswa kelas XII jurusan Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Tempel
ditinjau pada (1) aspek jahitan menunjukkan bahwa terdapat 27,60% siswa dalam kategori sangat sesuai;
58,60% siswa dalam kategori sesuai; dan 13,80% siswa dalam kategori kurang sesuai, (2) aspek ukuran
menunjukkan bahwa terdapat 31% siswa dalam kategori sangat sesuai; 48,3% siswa dalam kategori
sesuai; dan 20,7% siswa dalam kategori kurang sesuai, (3) aspek bentuk terdapat 41,4% siswa dalam
kategori sangat sesuai; 41,4% siswa dalam kategori sesuai; dan 17,2% siswa dalam kategori kurang
sesuai, (4) aspek tampilan terdapat 13,8% siswa dalam kategori sangat sesuai; 48,3% siswa dalam
kategori sesuai; 31% siswa dalam kategori kurang sesuai; dan 6,9% siswa dalam kategori tidak sesuai,
(5) aspek pelapis terdapat 62% siswa dalam kategori sangat sesuai; 31% siswa dalam kategori sesuai; dan
7% siswa dalam kategori kurang sesuai.

Kata Kunci : Penilaian Hasil Belajar, Kerah Kemeja, SMK Muhammadiyah 1 Tempel

ASSESMENT OF THE MAKING RESULTS COLLAR SHIRT IN GRADE XII MAJORING
FASHION STUDENTS OF SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

ABSTRACT
This descriptive study was aimed to figured out the results collar shirt on the aspect of stitching,
size, shape, appearance and interfacing in grade XII students majoring fashion of SMK Muhammadiyah
1 Tempel
This research is a descriptive research. The sample of this study were 29 students in grade XII
majoring fashion in SMK Muhammadiyah 1 Tempel. The research instrument used in this study is the
assessment of performance. The analysis technique used is quantitative descriptive analysis.
The results showed that making collar shirt for students in grade XII majoring fashion of SMK
Muhammadiyah 1 Tempel in the (1) stitching aspect showed that there were 27.60% of students in the
very appropriate category; 58.60% of students in the appropriate category; and 13.80% of students in
the inappropriate category, (2) size aspect shows that there are 31% of students in the very appropriate
category; 48.3% of students in the appropriate category; and 20.7% of students in the inappropriate
category, (3) form aspect there are 41.4% of students in the very appropriate category; 41.4% of
students in the appropriate category; and 17.2% of students in the inappropriate category, (4)
appearance aspect there are 13.8% of students in the very appropriate category; 48.3% of students in
the appropriate category; 31% of students are in the inappropriate category; and 6.9% of students in the
inappropriate category, (5) interfacing aspect there are 62% of students in the very appropriate
category; 31% of students are in the appropriate category; and 7% of students in the inappropriate
category.
 
Keywords: Assesment of The Making, Shirt Collar, SMK Muhammadiyah 1 Tempel

Full Text:

PDF

References


Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana untuk

Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan

Sekolah Menengah Kejuruan,

Direktorat Jenderal Manajemen

Pendidikan Dasar dan Menengah,

Departemen Pendidikan Nasional.

Fitrihana, N. (4 November 2008). Quality

Control di Garmen. Diakses pada tanggal

Juli 2018, dari

https://batikyogya.wordpress.com/2008/1

/04/ quality-control-di-industri-garmen-

olehnoor-fitrihana/

Hamalik, O. (2008). Manajemen

Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya Offset.

Marwanto, A. (2008). Kesesuaian Pola

Mengajar Guru Smk Di DIY

Dengan Tuntutan Pembelajaran

Dalam Penerapan Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Journal of Technology Vocational

Education FT UNY, 17, 24-37.

Jurnal Pendidikan Teknik Busana Tahun 2018

Muliawan, P. (2003). Konstruksi Pola Busana

Wanita. Jakarta: Gunung Mulia.

Republik Indonesia. (2003). UndangUndang

Nomor 20 Tahun 2003

tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi

Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Susi. (2010). Staplek dan Kerah Baju. Diakses

pada tanggal 22 Juli 2018, dari

http://rumahjahithaifa.com/2010/05/21/st

aplek-kerah-baju/

Susilo, M. J. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan

Pendiidkan Manajemen Pelaksanaan dan

Kesiapan Sekolah Menyongsongnya.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wancik. (1997). Bina Busana Pelajaran

Menjahit Pakaian Wanita Buku 2.

Jakarta: PT Gramedia.

Widihastuti. (2007). Pencapaian Standar

Kompetensi Siswa Smk Negeri Program

Keahlian Tata Busana Di Kota

Yogyakarta Dalam Pembelajaran Dengan

Kbk. Journal of Technology Vocational

Education FT UNY, 16, 230-250.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i7.14581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1