PENGEMBANGAN VIDEO SULAM PITA UNTUK PEMBELAJARAN HIASAN BUSANA DI SMK NEGERI 3 SUKABUMI

Afifah Nadhirah Faiz, Enny Zuhni Khayati, M.Kes

Abstract


Tujuan penelitan ini adalah untuk: 1)

Menghasilkan produk media pembelajaran Video
pembuatan sulam pita  pada mata pelajaran hiasan busana yang layak sebagai media
pembelajaran.2)Mengetahui kelayakan media pembelajaran Video pembuatan sulam pita  pada mata
pelajaran hiasan busana di SMK N 3 Sukabumi.
Penelitian pengembangan media video pembelajaran ini termasuk dalam jenis penelitian dan
pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunkan model
4D, model 4D yang terdiri  dari  Define (pendefinisian). Design (perencanaan), Develop
(Pengembangan), Dissemination    (penyebarluasan). Namun dalam penelitian ini tidak sampai pada
tahap penyebar luasan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XII Tata Busana 1 di SMK Negeri 3
Sukabumi yang berjumlah 33 siswa pengambilan sample dilakukan dengan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. validitas instrumen  dilakukan dengan
pertimbangan tiga ahli (experts judgment) dan reliabilitas menggunakan uji koefisien Alfa Cronbach .
Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian adalah: 1) pengembangan media video sulam pita dilakukan melalui empat
tahap, yaitu: a) tahap pendefinisian yang terdiri dari analisis kurikulum,analisis materi, analisis
karakter siswa, dan merumuskan tujuan. b) Tahap perancangan yang terdiri dari pra produksi,produksi,
dan pasca produksi. c) Tahap pengembangan yaitu validasi oleh ahli materi, ahli media, dan use; 2)
media video pembelajaran sulam pita layak di gunakan sebagai media pembelajaran di SMK  
Kata kunci: pengembangan media, video sulam pita , SMK

This study aimed to: 1) produce a learning video of the making of ribbon embroidery for the
fashion ornaments subject appropriate as learning media, and 2) find out the appropriateness of the
learning media of the video of the making of ribbon embroidery for the fashion ornaments subject at
SMKN 3 Sukabumi.
The study to develop a learning video as media was a research and development (R&D) study.
The development model used the 4D model, consisting of Define, Design, Develop, and Disseminate.
However, this study did not take the dissemination stage. The research subjects were the students of
Grade XII of Fashion Design 1 at SMK Negeri 3 Sukabumi, with a total 33 students. The sample was
selected by means of the purposive sampling technique. The data were collected using questionnaires.
The instrument validity was assessed by three experts (through expert judgment) and the reliability
coefficient was calculated using Cronbach’s Alpha. The data analysis used the descriptive analysis
technique.
The results of the study were as follows. 1) The development of the ribbon embroidery video
as media was made through four stages, namely: a) the defining stage consisting of curriculum
analysis, materials analysis, analysis of students’ characters, and formulation of objectives; b) the
design stage consisting of pre-production, production, and post-production; and c) the development
stage including the validation by the materials expert, media expert, and users. 2) The ribbon
embroidery learning video was appropriate to be used as learning media at vocational high schools.
Keywords: media development, ribbon embroidery video, vocational high schools


Full Text:

PDF

References


Ernawati, dkk.(2014).Tata Busana Jilid 3.

Jakarta: Direktorat Pembinaan

Sekolah Menengah Kejuruan,

Direktorat Jendral Menejemen

Pendidikan Dasar dan Menengah,

Departemen Pendidikan Nasional

Eko Putro Widoyoko. (2012). Teknik

Penyusunan Instrumen Penelitian.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk

Penelitian. Bandung: CV Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i7.14578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1