MINAT BELAJAR PELATIHAN BIDANG KEAHLIAN MENJAHIT DI LEMBAGA KETERAMPILAN DAN PELATIHAN “AR RUM” YOGYAKARTA

Valentina Widya Ayu Permata, Kapti Asiatun, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui minat belajar pelatihan bidang keahlian menjahit di LKP Ar Rum
Yogyakarta ditinjau dari factor intrinsik (2) Mengetahui minat belajar pelatihan bidang keahlian menjahit di LKP
Ar Rum Yogyakarta ditinjau dari factor ekstrinsik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data
dikumpulkan dengan angket untuk mengukur minat yang terdiri dua aspek yaitu minat intrinsik dan minat
ekstrinsik. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, angket minat dikonsultasikan kepada ahli
dan reliabilitas instrument penelitian menggunakan rumus koefisien alpha cronbach dibantu dengan program
spss16. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian diketahui
bahwa: 1) minat belajar dari faktor intrinsik peserta dalam mengikuti pelatihan bidang keahlian menjahit di LKP Ar
Rum termasuk ke dalam kategori tinggi. 2) minat belajar dari faktor intrinsik peserta dalam mengikuti pelatihan
bidang keahlian menjahit di LKP Ar Rum dilihat termasuk ke dalam kategori tinggi.

Kata Kunci: Minat Belajar, Lembaga Keterampilan dan Pelatihan Ar Rum
 
THE LEARNING INTEREST IN THE TRAINING IN SEWING EXPERTISE AT “AR RUM”
SKILLS AND TRAINING INSTITUTION OF YOGYAKARTA

ABSTRACT

This study aims to find out: (1) the learning interest in the training in sewing expertise at Ar Rum Skills and
Training Institution (STI) of Yogyakarta in terms of intrinsic factors, and (2) the learning interest in the training in
sewing expertise at Ar Rum Skills and Training Institution (STI) of Yogyakarta in terms of extrinsic factors.This
was a quantitative descriptive study. The data were collected by a questionnaire to measure interest classified into
two categories, namely intrinsic interest and extrinsic interest. The validity was assessed in terms of content
validity and construct validity. The questionnaire on interest was consulted to an expert and the research
instrument reliability was assessed by Cronbach’s alpha coefficient formula using SPSS 16. The data were
analyzed by descriptive statistics with percentages.The results of the study are as follows. 1) The learning interest
from the participants’ intrinsic factors in joining the training in sewing expertise at Ar Rum STIin the high category.
2) The learning interest from the participants’ extrinsic factors in joining the training in sewing expertise at Ar
Rum STI in the high category.
 
Keywords : Learning Interest, Ar Rum Skills and Training Institution


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta

Ahmadi, R.(2014). Pengantar Pendidikan.

Yogyakarta : A-Ruzz Media

Djamarah,S.B.(2015). Psikologi Belajar.Jakarta :

Rineka Cipta

Http://www.seputarpengetahuan.com/2015/03/pe

ngertian-lembaga-pendidikan-menurut-paraahli.html

diakses pada 14 Desember pk

29

Hurlock, E.B. (2005). Perkembangan Anak Jilid

Jakarta: Erlangga

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kartono, K.(1996). Psikologi Umum. Bandung:

Mandar Maju

Mardapi, D.(2012). Pengukuran Penilaian dan

Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha

Medika

Martha, N.(2014). Pengantar Pendidikan.

Yogyakarta: Graha Ilmu

Poerdarminta, S. (2002).Kamus Umum Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Purwanto, N.(2007). Psikologi Pendidikan.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Reber, Arthur S. (1998).Kamus Psikologi.

Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Slameto.(2013). Belajar dan Faktor- Faktor

yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka

Cipta

Soebagyo.(2002). Menejemen Pelatihan. Jakarta:

PT Ardadizya Jaya

Sudjana, H.D.(2004). Pendidikan Non Formal.

Bandung: Falah Production

Sugiyono.(2007). Statistika Untuk Penelitian.

Bandung : CV Alfabeta

Sukardi.(2003). Bimbingan dan Penyuluhan

Belajar di Sekolah. Bandung: Usaha

Nasional

Sunaryo.(2004). Psikologi Untuk Kesehatan.

Jakarta: EGC

Suparman.(2014). Peningkatan Kemandirian

Belajar Dan Minat BelajarMahasiswa Mata

Kuliah Elektronika Analog Dengan

Pembelajaran PBL.Jurnal Fakultas

Teknik.Vol22, No.4

Syah, M.(2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja

Grafindo Persada

Syah, M.(2016). Psikologi Pendidikan Dengan

Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Uno, H.B.(2014). TeoriMotivasi Dan

PengukuranAnalisisPendidikan.

Jakarta:BumiAksara

Walgito, B.(1997). Pengantar Psikologi Umum.

Yogyakarta: Andi Offset

Walgito, B.(2003). Pengantar Belajar Umum.

Yogyakarta: Pustaka Belajar

Winkel.(1983).Psikologi

PendidikandanEvaluasiBelajar.Jakarta:G

ramedia




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i5.11819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1