PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POLA GAUN PESTA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK PIUS X MAGELANG

Pera Roganda Sinaga, Widyabakti Sabatari, M.Sn

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran membuat pola gaun pesta
menggunakan adobe flashCS6 dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran membuat pola gaun
pesta menggunakan adobe flashCS6 pada siswa kelas XI SMK Pius X Magelang. Penelitian ini
menggunakanR&D model Borg & Gall. Validasi menggunkan judgement experts. Uji coba kelompok
kecil 5 siswa dan untuk uji coba kelompok besar 21 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian adalah: 1) Media pembelajaran membuat pola gaun malam menggunakan
adobe flash pada kelas XI SMK Pius X Magelang berhasil dikembangkan; 2) media pembelajaran
membuat pola gaun pesta menggunakan adobe flash dinyatakan layak. Uji coba skala kecil pada 5 siswa
memperoleh nilai 4,12 di semua aspek dengan klasifikasi sangat baik. Uji coba skala besar 21 siswa
menunjukkan aspek pembelajaran adalah 4,25, aspek isi materi 4,17 dan aspek media 4,49 termasuk
klasifikasi sangat baik. Dengan demikian media pembelajaran membuat pola gaun pesta sangat layak
digunakan sebagai media pembelajaran.  

Kata kunci: pengembangan media, pola gaun pesta, adobe flash CS6
 
DEVELOPING LEARNING MEDIA USING ADOBE FLASH CS6 FOR PARTY GOWN
PATTERNS FOR GRADE XI STUDENTS OF SMK PIUS X MAGELANG
Abstract

This study aimed to: 1) develop learning media using adobe flash CS6 for the making of party gown
patterns, and 2) investigate the appropriateness of learning media using adobe flash CS6 for the making of
party gown patterns for Grade XI students of SMK Pius X Magelang. This was an R&D study using Borg
& Gall’s model. The validation was conducted through expert judgment. The small-group tryout involved
5 students and the large-group tryout involved 21 students. The data were collected through observations,
interviews, and questionnaires. The data were analyzed by the quantitative descriptive statistics and the
qualitative technique. The results of the study were as follows. 1) The learning media using adobe flash
for the making of party gown patterns for Grade XI of SMK Pius X Magelang were developed. 2) The
learning media using adobe flash for the making of party gown patterns were appropriate. The smallgroup
tryout
involving
5
students
yielded
a
score
of
4.12
for
all
aspects,
which
was
very
good.
The
largegroup
tryout
involving

21 students yielded a score of 4.25 for the learning aspect, 4.17 for the materials
content aspect, and 4.49 for the media aspect, which were all very good. Therefore, the learning media for
the making of party gown patterns are very appropriate to be used as learning media.  
Keywords: media development, party dress patterns, Adobe flash CS6

Full Text:

PDF

References


Alessi, S.M., dan Trollip, S.R.

(2001).Multimedia For Learning:

Methods and Development (3rd Edition).

Boston: Allyn and Bacon.

Arief S. Sadiman, dkk. (2011). Media

Pendidikan, Pengertian, Pengembangan,

dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali

Press.

Ariesto Hadi Sutopo. (2003). Multimedia

Interaktif dengan Flash, Yogyakarta.

Pustaka Pelajar.

Arin Dwi Cahyamti. Pengembangan Media

Pembelajaran Modul Interaktif Berbasis

Adobe Flash Cs6 Pada Kompetensi Jurnal

Penyesuaian. Edisi 8:4

Azhar Arsyad. (2011). Media

Pembelajaran.Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada

Chodiyah & Wisri A. Mamdy. (1982). Desain

Busana untuk SMK/SMTK. Jakarta:

Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Dina Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Media

Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press

(Anggota IKAPI).

Endang Mulyatiningsih. 2011. Metode

Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Enny Zuhni Khayati. (1998). Pembuatan Busana

III. Yogyakarta: FPTK IKIP Yogyakarta.

Ghoswatun Nisa’. 2015. Efektivitas Penggunaan

Pola Kombinasi Dalam PembuatanBusana

Pesta Siswa Tata Busana SMK Syafi’i

Akrom Pekalongan. Vol. 2 No. 1:52

Madcoms. (2008). Panduan Lengkap Adobe

Flash Professional. Yogyakarta: Andi.

Paryanto. 2010. Penerapan Metode

Pembelajaran Kolaboratif Tipe Group

Investigation Untuk Meningkatkan

Pengembangan Media Pembelajaran.... (Pera Roganda Sinaga)

Kualitas Pembelajaran Teori Pemesinan

Dasar. Vol 19 No.2 : 173.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dab R

& D). Bandung: Alfabeta.

Tim Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian

Pengembangan.Pusat Bahasa

DepertemenPendidikan Nasional.

Jakarta: Balai Pustaka.

Wina Sanjaya. (2014). Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standart Proses

Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada

Media Group




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i5.11786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1