PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA KOMPETENSI PEMBUATAN MACAM-MACAM KAMPUH SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA

Aprilia Tri Ambarwati, Dr. Emy Budiastuti, M. Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan metode pemberian tugas pada kompetensi pembuatan
macam-macam kampuh siswa kelas X (2) Kompetensi pembuatan macam-macam kampuh dengan penerapan
metode pemberian tugas siswa kelas X. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan populasi penelitian siswa kelas X
tata busana sebanyak 24 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes dan non tes. Validitas konstruk menggunakan Product Moment dengan hasil layak. Validitas
isi menggunakan judgement expert dengan hasil layak. Reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar
0,81 dan 0,92 dengan interpretasi sangat tinggi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.
Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan langkah kegiatan pendahuluan;penyampaian materi, kegiatan
inti;pemberian tugas dan pelaksanaan tugas oleh siswa, pembuatan catatan setelah penyelesaian tugas, kegiatan
penutup; tanya jawab, penilaian hasil pekerjaan siswa. Kompetensi pembuatan macam-macam kampuh dengan
penerapan metode pemberian tugas dalam kategori sangat tinggi, dengan mean sebear 84. Hal ini menunjukkan
semua siswa dapat dinyatakan kompeten dalam pembelajaran kopetensi pembuatan macam-macam kampuh.

Kata Kunci : metode pemberian tugas, macam-macam kampuh, SMK Karya Rini YHI Kowani
Yogyakarta
 
THE IMPLEMENTATION OF GIVING ASSIGNMENT METHOD TO THE COMPETENCY OF
VARIED SEAMS MAKING OF THE GRADE X STUDENTS OF SMK KARYA RINI YHI KOWANI
YOGYAKARTA

The aims of the study are knowing: (1) Implementation of giving assignment method application to the
competence of the varied seams making for grade X (2) Competence of the varied seams making by
applying the giving asignment method for grade X. The type of this study is descriptive with the
population are 24 of grade X fashion students. The saturation sampling was used in this study. Data
collection technique were test and non test. The construct using product moment with the result
appropriate. The content validity using judgement expert with the result appropriate. The reliability was
measured by using Alpha Cronbach formula. The result are 0.81 and 0.92 and those were interpreted as
very high. This study using descriptive analysis technique. The implementation of the learning process
was done with preliminary activity: the material teaching, main activities: the assignment giving to the
students, associating, networking which includes the note making after finishing the assignment. The
closing one which includes question and answer and assesment of the students product. The competence
of the varied seams making by applying the giving assignment method is categorized as very high
indicated by the mean score that is 84.This showed that all of the students can be stated as being
competent in the competence of varied seams making learning process.

Keywords: giving assignment method, the variety of seam, SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke

Cipta.

Dwijanti,dkk. 2013. Modul Dasar Teknologi

Menjahit II. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan

Fitri Arfika. 2014. Penerapan Media Berbasis

Video Tutorial Untuk Meningkatkan hasil

Penerapan Metode Pemberian.... (Aprilia Tri Ambarwati)

Belajar Membuat Kampuh Siswa Kelas X

SMK Negeri 1 Stabat. Jurnal Pendidikan

Tata Busana Hal. 30

Majid,Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran.

Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Paryanto. 2010. Penerapan Metode

Pembelajaran Kolaboratif Tipe Group

Investigation Untuk Meningkatkan

Kualitas Pembelajaran Teori Pemesinan

Dasar. JPTK Vol 19 No.2 : 173.

Siska Prawati. 2014. Penerapan Metode

Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran

IPS Pada Siswa Kelas V SDN No 1

Pangalasiang. Jurnal Kreatif Tadulako

Online. Vol 4 No. 1 : 6

Sutriani, dkk. 2014. Penerapan Metode

Pemberian Tugas untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Pada Materi Penjumlahan

Dan Pengurangan Pecahan di Kelas V

SDN 2 Bukit Harapan. Jurnal Kreatif

Tadulako Online. Vol 4 No. 1 : 22

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian pedidikan

pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta

Wancik, Muhamad Hamzah. 2006. Bina Busana

Pelajar Menjahit Pakaian Wanita.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Widihastuti, 2007. Pencapaian Standar

Kompetensi Siswa SMK Negeri Program

Keahlian Tata Busana di Kota

Yogyakarta dalam Pembelajaran dengan

KBK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan. Vol. 16, No. 2: 236




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i5.11782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1