PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLA KRAH DENGAN ADOBE FLASH DI SMK N 4 YOGYAKARTA

Dwi Emy Sujarwi, Triyanto, MA Triyanto, MA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran mambuat pola krah
menggunakan Adobe Flash, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran membuat pola krah
menggunakan Adobe Flash di SMK N 4 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Research
and Development (R&D), menggunakan model pengembangan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 tahapan.
Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Validitas yang digunakan adalah validitas
konstruk dengan expert judgment. Penelitian ini menggunakan reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach.
Teknik analisis data dengan statistik deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan: kelayakan media
pembelajaran membuat pola krah dengan Adobe Flash dari uji coba skala besar kepada 31 siswa
menyatakan bahwa produk “sangat layak” dengan presentase 61,3%. Berdasarkan uji kelayakan terhadap
siswa, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran membuat pola krah menggunakan Adobe Flash
dapat digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Pola Krah, Adobe Flash
 
DEVELOPING LEARNING MEDIA FOR COLLAR PATTERN MAKING WITH ADOBE
FLASH AT SMK N 4 YOGYAKARTA  

ABSTRACT
This study aimed to: (1) produce learning media for collar pattern making with Adobe Flash, and
(2) find out the appropriateness of the learning media for collar pattern making with Adobe Flash at SMK
N 4 Yogyakarta. The research method was Research and Development (R&D), the development model
was selected from the team of the Center for Policy and Innovation Studies consisting of 5 stages. The
data were collected using a questionnaire. The validity was assessed in terms of the construct validity with
expert judment. The study used the reliability assessed by Cronbach’s Alpha formula. They were analyzed
by descriptive statistics. The results of the study were as follows: regarding the appropriateness of the
learning media for collar pattern making with Adobe Flash  from the large-scale field tryout to 31
students the results were good “ very good” with a percentage of 61.3%. Based on the validation from
students,  it could be concluded that the learning media for collar pattern making with Adobe Flash could
be used as learning media.

Keywords: Learning Media, Collar Patterns, Adobe Flash


Full Text:

PDF

References


Chun, R. (2012). Adobe Flash Professional

CS6 Classroom in a Book.

California: Peachpit.

Murti, K.E & Madya, W. (2017). Pendidikan

Abad 21 dan Implementasinya pada

Pembelajaran Di Sekolah Menengah

Kejuruan (SMK) untuk Paket

Keahlian Desain Interior. Diunduh

dari http://p4tksb-jogja.com. pada

tanggal 28 Juli 2018 pukul 10:33

WIB.

Tim Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian

Pengembangan. Pusat Penelitian

Kebijakan dan Inovasi Pendidikan,

Badan Penelitian dan Pengembangan

Departemen Pendidikan Nasional

Trilling, B & Fadel, C. (2009). 21st Century

Skills Learning for Life in Our Times.

San Francisco: Jossey-Bass.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i5.11779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1