ENGARUH DUA HIJAB TERHADAP KREATIVITAS MENDISAIN BUSANA SISWA KELAS XI SMK ADDIMYATI JENGGAWAH JEMBER

Eka Sri Wahyuni, Sri Widarwati,M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui : 1) kreativitas siswa mendesain busana muslimah
sebelum mengamati acara televisi Dua Hijab, 2) kreativitas siswa mendesain busana
muslimah setelah mengamati acara televisi Dua Hijab, 3) adanya pengaruh mengamati acara
televisi Dua Hijab terhadap kreativitas mendesain busana muslimah. Penelitian quasi
eksperimen menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi 75 siswa, sampel
dengan proporsional random sampling rumus isaac & Michael, sampel 62 siswa. Validitas
instrumen agreement hasil 100% sepakat. Analisis data deskriptif, uji prasyarat menggunakan
uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian: 1)
kreativitas siswa sebelum mengamati acara televisi Dua Hijab kelas eksperimen rerata 41.8
tidak kreatif, kelas kontrol rerata 38.5 tidak kreataif. 2) kreativitas setelah mengamati acara
televisi Dua Hijab kelas eksperimen rerata 70.92 kategori kreatif, kelas kontrol rerata 40.5
tidak kreatif. 3) ada pengaruh kreativitas kelas eksperimen setelah mengamati acara televisi
Dua Hijab
, tidak ada pengaruh kreativitas kelas kontrol yang tidak mengamati acara televisi
Dua Hijab.
 
 
Kata kunci : Acara Televisi Dua Hijab, kreativitas, mendesain busana
 
THE EFFECT OF TWO HIJAB ON CREATIVITY OF FASHION
DESIGN CLASS XI VOCATIONAL SCHOOL OF ADDIMYATI
JENGGAWAH JEMBER
Abstract
This study aims to find out: 1) the creativity of students designing Muslim clothing
before observing the Dua Hijab television program, 2) the creativity of students designing
Muslim clothing after observing the Two Hijab television program, 3) the influence of
observing the Dua Hijab television program on the creativity of designing Muslim clothing.
The quasi-experimental study used pretest-posttest control group design. The population is 75
students, the sample is proportional random sampling of the formula of Isaac & Michael, a
sample of 62 students. The instrument agreement validity result of 100% agreed. Descriptive
data analysis, prerequisite test using normality test and homogeneity test. Hypothesis testing
using t test. The results of the study: 1) the creativity of students before observing the
television program Two Hijab mean experimental class 41.8 is not creative, average control
class 38.5 is not creative. 2) creativity after observing the television program Two Hijab
experimental classes averaged 70.92 creative categories, the average 40.5 control class was
not creative. 3) there was an influence of the creativity of the experimental class after
observing the Two Hijab television program, there was no influence of the control class
creativity that did not observe the Dua Hijab television program.
 
Keywords: Dua Hijab Television Program, creativity, fashion design

Full Text:

PDF

References


Bestari, A.G. (2011). Menggambar Busana

Dengan Teknik Kering. Yogyakarta

: KTSP/05/2011

Ilham Marsudi, Nuryadin. (2007).

Pembelajaran Berbasis Kreativitas

untuk Meningkatkan Pencapaian

Kompetensi Mahasiswa Bidang

Aplikasi Komputer. Jurnal

Pengaruh Acara Televisi Dua Hijab........ (Eka Sri)

Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan. Volume 16, No. 1.

Rachmawati, Y. (2005). Strategi

Pengembangan Kreativitas Pada

Anak. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional Dirjend

Perguruan Tinggi Direktorat

Pembinaan Pendidikan Tenaga

Kependidikan dan Ketenagaan

Perguruan Tinggi.

Sitepu. (2014) . Pengembangan Sumber

Belajar.Jakarta : Rajawali Pers.

Sri Widarwati, dkk (2014). Implementasi

Alat Evaluasi Menggambar Busana

di SMK Swasta Kelompok

Pariwisata Kabupaten Sleman.

Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan. Volume 22, Nomor 2.

Utami Munandar (2009). Pengembangan

Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:

Rineka Cipta.

Utami Munandar (2002).Kreativitas dan

Keterbakatan. Jakarta : PT.

Gramedia.

Wagiran. (2007). Inovasi Pembelajaran

dalam Penyiapan Tenaga Kerja

Masa Depan. Jurnal Pendidikan

Teknologi dan Kejuruan. Volume

, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i4.11774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1