EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMBUATAN DESAIN GRAFIS DENGAN MENGGUNAKAN CORELDRAW PADA MATA PELAJARAN CETAK SARING DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Annisa Rafika Sarinastiti, sugiyem, M.Pd Sugiyem, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa sebelum diberi pembelajaran
pembuatan desain grafis menggunakan CorelDraw; (2) hasil belajar siswa setelah diberi pembelajaran
pembuatan desain grafis menggunakan CorelDraw; dan (3) efektivitas pembelajaran pembuatan desain
grafis dengan menggunakan CorelDraw antara siswa yang diberi pembelajaran desain grafis dengan
Coreldraw dan yang tanpa diberi pembelajaran pembuatan desain grafis dengan menggunakan
CorelDraw. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest and posttest control group
design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Seni Rupa dan Kriya Tekstil SMK
Negeri 5 Yogyakarta berjumlah 86 siswa. Teknik untuk menentukan sampel adalah simple random
sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 56 siswa. Validitas penelitian menggunakan rumus korelasi
product moment, dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji
Paired T Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) hasil belajar siswa yang sebelum diberi
pembelajaran menggunakan CorelDraw dengan hasil rata-rata nilai akhir 58,92; (2) hasil belajar siswa
setelah diberi pembelajaran desain grafis menggunakan CorelDraw dengan hasil rata-rata nilai akhir
82,10; (3) hasil posttest kelas eksperimen persentase ketuntasan 93,11%, sebelumnya pada pretest
ketuntasan 17,24% dengan peningkatan mencapai 75,87%. Peserta didik yang tuntas pada kelas
eksperimen mencapai 86,20%. Sedangkan dikatakan efektif jika ketuntasan peserta didik mencapai 75%,
maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran desain grafis dengan menggunakan CorelDraw lebih efektif
daripada tanpa diberi pembelajaran desain grafis dengan CorelDraw.  

 
Kata Kunci: Efektivitas, Desain Grafis, CorelDraw
 
THE EFFECTIVENESS OF THE LEARNING OF GRAPHIC DESIGN
MAKING WITH CORELDRAW IN THE SCREEN PRINTING SUBJECT AT
PUBLIC VHS 5 OF YOGYAKARTA

ABSTRACT
This study aimed to find out: (1) students’ learning outcomes before they learned to make graphic
designs using CorelDraw; (2) their learning outcomes after they learned graphic designs using CorelDraw;
and (3) the effectiveness of the learning of graphic design making with CorelDraw between students who
learned graphic designs using CorelDraw and those who learned graphic designs without using
CorelDraw. This was a quasi-experimental study using the pretest and posttest control group design. The
research population comprised Grade XI students of the Department of Fine Arts and Textile Craft of
VHS 5 of Yogyakarta with a total of 86 students. The sample was selected by means of the simple random
sampling technique. The sample consisted of 56 students. The research validity was assessed by the
product moment correlation formula and the reliability by Cronbach’s Alpha. The data analysis used the
Paired T-Test. The results of this study were as follows. (1) Students’ learning outcomes before the
learned using CorelDraw were indicated with a final mean score of 58.92. (2) Students’ learning outcomes  
3 Jurnal Pendidikan Teknik Busana Tahun 2018
 
after they learned graphic designs using CorelDraw were indicated with a final score of 82.10. (3) The
posttest results in the experimental class attaining the mastery were 93.11% and the pretest results
attaining the mastery were 17.24%, with an improvement by 75.87%. Students who attained the mastery
in the experimental class were 86.20%. Meanwhile, learning was said to be effective if students; mastery
reached 75%. Therefore, it could be concluded that graphic design learning with CorelDraw was more
effective than that without CorelDraw.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian.

Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran.

Jakarta: Rajawali Pers

E. Mulyasa. (2006). Implementasi

Kurikulum 2004 Panduan

Pembelajaran KBK. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Hidayat, Y.(2016). Efektivitas Media

Pembelajaran Power point Pada Hasil

Belajar Kognitif Mata Pelajaran Beton

Pracetak Siswa Kelas XII Jurusan

Teknik Konstruksi Batu dan Beton

SMK Negeri 2 Kebumen.

Skripsi.UNY

Sudjana & Rivai. (1992) . Media

Pengajaran. Bandung: Penerbit C.V.

Sinar Baru Bandung.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i4.11768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1