PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET TEKNIK KAITAN UNTUK SISWA KELAS X SMKN 1 SAPTOSARI GUNUNG KIDUL

Wisma Firanti Utami, Afif Ghurub Bestari, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media booklet teknik kaitan untuk siswa kelas X
SMKN 1 Saptosari, 2) mengetahui kelayakan media booklet teknik kaitan untuk siswa kelas X SMKN
1 Saptosari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan
model pengembangan 4D yang meliputi 1) Tahap define, 2) Tahap design, 3) Tahap develop. Metode
pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis deskriptif. Hasil penelitian ini berupa 1) produk media booklet teknik kaitan untuk siswa kelas
X SMK N 1 Saptosari yang berhasil dikembangkan melalui proses pengembangan R & D. 2) Media
booklet teknik kaitan untuk siswa kelas X SMK N 1 Saptosari berdasarkan hasil validasi dari ahli
materi, ahli media, guru (pengguna) dan uji coba kepada siswa dinyatakan layak sebagai media
pembelajaran.

Kata kunci: pengembangan, booklet, teknik kaitan

 

DEVELOPING A BOOKLET AS MEDIA FOR CROCHET TECHNIQUES FOR GRADE X
STUDENTS OF SMKN 1 SAPTOSARI GUNUNG KIDUL

Abstract
This study aimed to: 1) produce a booklet as media for crochet techniques for grade X student
of SMKN 1 Saptosari, Gunung Kidul; and 2) investigate the appropriateness of the developed booklet.
This was a research and development study using the 4D development model. The stages in the study
were 1) define, 2) design, and 3) develop. The data were collected through observations, interviews,
and questionnaires. They were analyzed using descriptive analysis technique.The results of the study
were as follows. 1) The booklet as media for crochet techniques for grade X student of SMKN 1
Saptosari was developed through the research and development. 2) The booklet as media for crochet
techniques for grade X student of SMKN 1 Saptosari, based on the result of validation by materials
experts, media experts, teacher (user) and the result of tryout involving students, it can be conclued
that the booklet is appropriate as learning media.

Keywords: development, booklet, crochet technique


Full Text:

PDF

References


French, C. (2011). How to Write Successful How

to Booklet. England UK: The Endless

Bookcase.

Imtihana, M. (2014). Pengembangan Buklet

Berbasis Penelitian Sebagai Sumber

Belajar Materi Pencemaran Lingkungan di

SMA. Unnes Journal of Biology

Education. 3 (2) (2014). Hlm. 186-192.

Mulyaningsih, E. (2011). Metode Penelitian

Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:

Penerbit Alfabet.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran.

Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Puspitorukmi, D. P. I., (2013). Eksplorasi Teknik

Crochet dengan Tema Warna Empat

Musim untuk Busana Muslimah. Jurnal

Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain No.

Hlm 2-10.

Sanaky, H. A. H. (2013). Media Pembelajaran

Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L, & Russell, J. D.,

(2012) Teknologi Pembelajaran dan Media

untuk Belajar (9

th

ed). (Terjemahan Arif

Rahman). Jakarta: KENCANA.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan

Pengembangan. Bandung: Penerbit

Alfabet.

Sukandarrumidi. (2006). Metodologi Penelitian

Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula.

Yogyakarta: Gadjah Mada University

Press.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., Semmel, M. I.

(1974). Instructional Development for

Training Teacher of Exceptional Children.

Bloomington: Indiana University.

Widihastuti. (2007). Efektifitas Pelaksanaan

KBK pada SMK Negeri Progam Keahlian

Tata Busana di Kota Yogyakarta Ditinjau

dari Pencapaian Standar Kompetensi

Siswa. Tesis PPs-UNY.

Widoyoboko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan

Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka

Belajar.

Winarti. (2013). Tekstil II. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i1.10561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1