DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR PRAKTEK MENJAHIT KEMEJA PRIA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 DLINGO, BANTUL, YOGYAKARTA

Dewi Sulistyaningsih

Abstract


Tujuan  : 1)  mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam belajar praktek menjahit
kemeja  pria;  2)  mengetahui  faktor  apa  saja  yang  menjadi  penyebab  kesulitan  belajar  siswa  dalam
praktek  menjahit  kemeja  pria.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif  men ggunakan
pendekatan deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas XI BA di SMK Negeri 1 Dlingo, Bantul,
Yogyakarta.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  yaitu  teknik  tes  diagnosis.  Teknik  analisis
data  yang  digunakan  adalah  statistik  deskriptif.   Hasil  penelitian:  1)  pada  aspek  persiapan  77,42%
siswa  kesulitan  mengkondisikan  tempat  kerja  dan  menyiapkan  alat,  aspek  proses  83,87%  siswa
kesulitan membuat lubang kancing dan memasang kancing, dan aspek hasil 83,87% siswa tidak tepat
waktu dan bentuk keseluruhan (total look ); 2) pada aspek persiapan 77,42% siswa malas dan saling
bergantung  dengan  teman  dalam  mengkondisikan  tempat  kerja  dan  menyiapkan  alat,  aspek  proses
83,87% siswa tidak memahami teknik dan mengukur untuk membuat lubang kancing dan memasang
kancing,  dan  aspek  hasil  83,87%  siswa  tidak  menyelesaikan  tugas  tepat waktu  dan  memperhatikan
teknik  menjahit  serta  ukuran  yang  dibutuhkan  sehingga  mempengaruhi  total  look .  Faktor  eksternal
yaitu berasal dari lingkungan sekolah dan keadaan ekonomi keluarga.
Kata kunci:  Diagnosis kesulitan belajar,  menjahit kemeja pria

 

This aims to: 1) learning difficulties experienced by students in the practice of sewing men’s
shirts; and 2) factors causing their learning difficulties in the practice of sewing  men’s shirts. This
was a quantitative  study using  the  descriptive  approach with  the  research subjects comprising all
students  of  Grade  XI  BA  of  SMK  Negeri  1 Dlingo.  The data  were  collected  by  a  diagnostic  test
technique.  They  were  analyzed  by  descriptive  s tatistics.  The  results  are.  1)  Regarding  learning
difficulties in the practice of sewing men’s shirts in the preparation aspect, 77.42% of the students
have  a  difficulty  in conditioning  the  workplace and preparing  tools  is  in  the high  category;  in  the
process aspect, 83.87% of the students have a difficulty in making buttonholes and fixing buttons is in
the very high category; and in the outcome aspect, 83.87% of the students’ difficulty in the timeliness
and overall form is in the very high category. 2) Th e factor causing students’ learning difficulties in
the practice  of  sewing  men’s  shirts  in  the preparation aspect  is  that 77.42% of  them are  lazy  and
mutually dependent on friends in conditioning the workplace and preparing tools, that in the process
aspect is that 83.87% of them do not understand the techniques and measure to make buttonholes and
fix buttons, and that in the outcome aspect is that 83.87% of them cannot complete the tasks on time
and  do  not  pay attention  to  sewing  techniques  and  the  require d  sizes  so  that  these  influence  the
assessment of the total look. The external factors come from the school environment and the family’s
economic condition.
Keywords: diagnosis of learning difficulties, sewing men’s shirts


Full Text:

PDF

References


Makmun, A. S. (2004). Psikologi

Kependidikan: Perangkat Sistem

Pengajaran Modul. Cet VII.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurjanah, S (2015). Diagnosis Kesulitan

Belajar Matematika pada Materi

Jarak, Waktu, dan Kecepatan di

Kelas 5A SD N Pujokusuman 1

Yogyakarta. Diakses dari

http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3791

pada Februari 2017

Soekarno. (1989). Pelajaran Menjahit

Pakaian Pria (Tata Laksana Busana

Pria). Jakarta Selatan: Karya Utama.

Syah, M. (2005). Psikologi Pendidikan

dengan Pendekatan Baru. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Wacik, M. H. (1995). BINA BUSANA

(Pelajaran Menjahit Pakaian Pria).

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i6.10327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1