PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN BED COVER MELALUI MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI TATA BUSANA DI MAN GODEAN

Andini Ifah Khasanati, Dr. Widjiningsih Widjiningsih

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keterlaksanaan pembelajaran pembuatan bed cover melalui
media pembelajaran video, (2) Pendapat peserta didik tentang penggunaan media pembelajaran video pembuatan
bed cover, (3) Peningkatan hasil belajar kompetensi pembuatan bed cover melalui media pembelajaran video.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan desain Kemmis dan Mc Taggart melalui empat langkah
proses dalam setiap siklus. Subjek penelitian kelas XI MAN Godean sejumlah 16 orang. Metode pengumpulan data
menggunakan instrumen penilaian unjuk kerja dan tes, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menampilkan persentase hasil data. Hasil penelitian
menunjukkan: (1) Keterlaksanaan pembelajaran pembuatan bed cover terlaksana dengan kategori sangat baik yaitu
85% pada siklus I dan 100% pada siklus II (2) Pendapat peserta didik tentang media pembelajaran video
menunjukkan 100% peserta didik berpendapat pada kategori senang (3) Terdapat peningkatan hasil belajar, yaitu
pada pra siklus 6 orang (37,5%) tuntas, siklus I 14 orang (87,5%) tuntas dengan peningkatan 13%, dan siklus II 16
orang (100%) tuntas dengan peningkatan 14%.

Kata kunci: kompetensi, pembuatan bed cover, video



IMPROVING THE BED COVER MAKING COMPETENCY THROUGH VIDEO MEDIA IN THE
LEARNING OF AUTONOMOUS LIFE SKILLS OF FASHION DESIGN AT MAN GODEAN

Abstract

This study aimed to investigate: (1) the implementation of the learning of bed cover making through video learning
media, (2) students’ opinions of the use of video learning media in bed cover making, and (3) the improvement of
the learning outcomes in the bed cover making competency through video learning media. This was a classroom
action research study using Kemmis and McTaggart’s design consisting of four steps in each cycle. The research
subjects were 16 students of Grade XI of MAN Godean. The data were collected by performance assessment and
tests, observation sheets, and questionnaires. The data were analyzed by the quantitative descriptive technique
using percentages of the results. The results of the study were as follows. (1) The learning of bed cover making was
very well implemented, namely by 85% in Cycle I and by 100% in Cycle II. (2) The students’ opinions of video
learning video showed that 100% of them were happy. (3) There was an improvement in the learning outcomes,
indicated by the facts that in the pre-cycle 6 students (37.5%) attained the mastery, in Cycle I 14 students 87.5%)
attained the mastery with an improvement of 13%, and in Cycle II 16 students (100%) attained the mastery with an
improvement of 14%.

Keywords: competency, bed cover making, video


Full Text:

PDF

References


Agus, Suprijono. (2009). Cooperative Learning.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azhar, Arsyad. (2015). Media Pembelajaran.

Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media

Evaline, Siregar & Hartini, Nara. (2011). Teori

Belajar dan Pembelajaran. Bogor:

Penerbit Galia Indonesia

Hujair, AH Sanaky. (2011). Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Ika, Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar

Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia

Permata.

Jamil, Suprihatiningrum. (2013). Startegi

Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Mutaqin, Totok H.T.M., & Haryanto. (2009).

Penerapan Media Interaktif dengan

Pembelajaran Cooperatif Learning pada

Mata Kuliah Instalasi Listrik Penerangan.

Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan. 18(II).

Santi Utami. (2015). Peningkatan Hasil Belajar

Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe

STAD pada Pembelajaran Dasar Sinyal

Video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan. 22(IV).Siti, Nurmina. 1999.

Pembuatan Lenan Rymah Tangga.

Jakarta: PPG Kejuruan

Sugiyono. (2012). Statistik untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta CV

Peningkatan Kompetensi Pembuatan ... (Andini Ifah Khasanati)

Tim FT UNESA. (2001). Membuat Pola Lenan

Rumah Tangga. Jakarta: Departemen

Tim Redaksi Fokusmedia. (2008). Standar

nasional Pendidikan (SNP). Bandug:

Fokusmedia

Wina, Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran:

Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Zamtinah dan Hafidz. (2014). Peningkatan Hasil

Belajar Mata Kuliah Instalasi Listrik

Melalui Pendekatan Learning Cycle Five

“E” (Lc 5 E). Jurnal Pendidikan

Teknologi dan Kejuruan. 22(II).




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i5.10287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1