PENGEMBANGAN BOOKLET MACAM – MACAM KERAH MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DI SMK PIRI 2 YOGYAKARTA

Vita Febri Wijayanti, Triyanto, M.A Triyanto

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk : (1) Mengembangkan booklet macam – macam kerah, (2) Mengetahui
kelayakan booklet macam – macam kerah pada mata pelajaran menggambar busana di SMK PIRI 2
Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) model Borg and Gall
disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov meliputi 5 tahapan : a) Analisis Produk, b) Mengembangkan
produk awal, c) Validitas oleh ahli dan revisi, d) Uji coba kelompok kecil dan revisi, e) Uji lapangan
dan produk akhir. Validitas menggunakan content validity dengan pendapat ahli materi dan media dan
dinyatakan valid. Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach, dengan hasil reliabel. Pengumpulan
data menggunakan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa :
(1) Booklet macam – macam kerah melalui analisis, pengembangan, validasi, uji coba kelompok kecil
dan besar. (2) Kelayakan booklet pada uji coba kelompok kecil dinyatakan “layak” dengan mean
(73,4) dan persentase 60%, uji coba kelompok besar dinyatakan “sangat layak” dengan mean (75,2)
dan persentase 50%.
Kata kunci : pengembangan booklet, macam – macam kerah, menggambar busana
Abstract
This study aimed to: (1) develop a booklet on types of collars, and (2) investigate the appropriateness
of the booklet on types of collars in the fashion drawing subject at SMK PIRI 2 Yogyakarta. This was
a research and development (R&D) study using Borg and Gall’s model simplified by the Team of
Center for Policy and Innovation Studies, consisting of 5 stages: a) product analysis, b) preliminary
product development, c) validation by experts and revision, d) small-group tryout and revision, and e)
field tryout and final product. The validity was assessed in terms of the content validity through
judgment by materials and media experts and the result was valid. The reliability was assessed by
Cronbach’s Alpha and the result was reliable. The data were collected by a questionnaire. The data
analysis used descriptive statistics. The results of the study were as follows. (1) The product was a
booklet on types of collars, developed through analysis, development, validation, and small- and
large-group tryouts. (2) In the small-group tryout, the booklet was rated appropriate with a mean of
73.4 and a percentage of 60%; in the large-group tryout, it was rated very appropriate with a mean of
75.2 and a percentage of 50%.
Keywords: booklet development, types of collars, fashion drawing


Full Text:

PDF

References


Arief S Sadiman. Dkk. (2012). Media

Pendidikan Pengertian,

Pengembangan dan

Pemanfaatanya. Depok: PT.

Rajawali Pers

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran

Perannya Sangat Penting Dalam

Mencapai Tujuan Pembelajaran.

Yogyakarta : Gava Media

Haryanto. (2012). Pengembangan Model

Pembelajaran Jaringan Syaraf

Tiruan Tipe Supervised Learning

Sebagai Media Pembelajaran.

Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan : Vol 21

Kadarisman Tejo Yuwono dan Suprapto.

(2011). Pengembangan Modul

Praktikum Mikrokontroler (AVR)

Menggunakan Perangkat Lunak

Proteus Profesional v7.5 SP3.

Pengembangan Media Booklet … (Vita Febri) 11

Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan : Vol 20

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk

Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sukoco, dkk. (2014). Pengembangan

Media Pembelajaran Interaktif

Berbasis Komputer Untuk Peserta

Didik Mata Pelajaran Teknik

Kendaraan Ringan. Jurnal

Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan : Vol 22

Tim Puslitjaknov. (2008). Metode

Penelitian Pengembangan.

Departemen Pendidikan Nasional

Wina Sanjaya. (2006). Strategi

Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media

Group




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i3.10257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1