PENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI DAN MACAM-MACAM BUSANA SESUAI BENTUK TUBUH DAN KESEMPATAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI

Siti Nur Hanifah, Sugiyem, M.Pd Sugiyem

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan modul pembelajaran menggambar
proporsi dan macam-macam busana sesuai bentuk tubuh dan kesempatan, 2) Mengetahui
kelayakan modul pembelajaran menggambar proporsi dan macam-macam busana sesuai
bentuk tubuh dan kesempatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D. Teknik analisis
data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian ini
adalah : 1) Proses pengembangan modul melalui beberapa tahapan yaitu : melakukan analisis
produk yang dikembangkan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba
kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. 2) Modul dinyatakan
layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan
hasil uji kelayakan dari ahli media memperoleh dengan prosentase 100% berada dalam
kategori sangat layak, hasil uji kelayakan dari ahli materi memperoleh prosentase 100%
berada dalam kategori sangat layak, hasil uji kelompok kecil memperoleh prosentase 79,5%
berada dalam kategori layak, dan uji kelompok besar memperoleh prosentase 86,1% berada
dalam kategori sangat layak.

Kata kunci : pengembangan modul, proporsi tubuh, macam-macam busana

 


Abstract
This study aimed to : 1) develop a learning module for drawing proportions and a
variety of clothes based on body shapes and occasions, 2) investigate the appropriateness of
the developed learning module. This was a research and development (R&D) study.The data
analysis technique was the descriptive statistical technique using percentage.The results of
the study were as follows : 1) developing a module which was produced through several
stages, namely : analysis of the product to develop, preliminary product development, expert
validation and revision, small group tryout and revision, and large group tryout and final
product. 2) Module was appropriate to be used. This was indicated by the data on the results
of the study. The results of the appropriateness test by the materials expert showed 100% was
indicating that the module was very appropriate, those by the media expert showed 100%
indicating that the module was very appropriate, the result of the small group tryout showed
79,5% indicating that the module was appropriate, and those of the large group tryout
showed by 86,1% indicating that the module was very appropriate.

Keywords : module development, body proportions, variety of clothes

 

 


Full Text:

PDF

References


Chomsin S. Widodo & Jasmadi. (2008).

Panduan Menyusun Bahan Ajar

Berbasis Kompetensi. Jakarta : Elex

Media Komputindo.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah

Kejuruan. (2008). Teknik Penyusunan

Modul. Jakarta : Direktorat Jenderal

Manajemen Pendidikan Dasar dan

Menengah, Departemen Pendidikan

Nasional.

Sri Widarwati. (1993). Desain Busana I.

Yogyakarta. Fakultas Teknik

Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Penyusun Pedoman Penyusunan Tugas

Akhir Skripsi Fakultas Teknik

Universitas Negeri Yogyakarta.

(2016). Pedoman Tugas Akhir

Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik

Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Puslitjaknov. (2008). Metode

Penelitian Pengembangan. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i2.10245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1