HUBUNGAN MINAT BELAJAR MEMBATIK DENGAN KREATIVITAS PENCIPTAAN MOTIF BATIK SISWA KELAS VII SMP N 2 SEDAYU

Nur Laila Fitriana, Kapti Asiatun, M.Pd

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui minat belajar siswa dalam mencipta motif batik, (2)
Mengetahui kreativitas siswa dalam mencipta motif batik, (3) Mengetahui ada tidaknya hubungan
antara minat belajar dengan kreativitas siswa dalam mencipta motif batik. Penelitian ini merupakan
penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Sedayu
sebanyak 170 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 125 siswa ditentukan dengan
NomogramHarry King, kemudian sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data
dikumpulkan dengan angket minat belajar dan lembar penilaian keativitas. Hasil penelitian yaitu: (1)
Minat belajar siswa kelas VII SMP N 2 Sedayu dalam mencipta motif batik dikategorikan pada minat
rendah dengan persentase37,6%; (2) Kreativitas siswa kelas VII SMP N 2 Sedayu dalam mencipta
motif batik dikategorikan tinggi dengan persentase 33,6%; (3) Ada hubungan antara minat belajar
dengan kreativitas mencipta motif batik ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,476 yang
diinterprestasikan terdapat hubungan yang sedang.

Kata kunci : Minat belajar, Kreativitas, Siswa SMP N 2 Sedayu.

 

ABSTRACT
This study aims to investigate: (1) the learning interest of the students of SMPN 2 Sedayu in
creating batik motifs, (2) the creativity of the students at SMPN 2 Sedayu in creating batik motifs, and
(3) the relationship between the students’ learning interest and their creativity in creating batik motifs
at SMPN 2 Sedayu in the 2015/2016 academic year.This was a correlational study. The research
population comprised all students of Grade VII of SMPN 2 Sedayu with a total of 170 students. The
sample size of 125 students was determined by Harry King’s nomogram and then the sample was
selected by means of the simple random sampling techniqueThe data were collected by a learning
interest questionnaire and a creativity assessment sheet. The result is: (1) the learning interest of
Grade VII students of SMPN 2 Sedayu in creating batik motifs in the batik skills subject is low,
indicated by the highest frequency of the low category with a percentage of 37.6%; (2) the creativity of
Grade VII students of SMPN 2 Sedayu in creating batik motifs in the batik skills subject is high,
indicated by the highest frequency of the high category with a percentage of 33.6%; and (3) there is a
relationship between learning interest and the creativity in creating batik motifs, indicated by a
correlation coefficient of 0.476, showing a moderate relationship.

Keywords: Learning interest, Creativity, Students of SMPN 2 Sedayu.


Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar.

Bandung: Yrama Widya.

Djaali.(2007). Psikologi Pendidikan.

Jakarta: Bumi Aksara.

E. Mulyasa. (2006). Kurikulum Yang

Disempurnakan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Eric Jensen. (2007). Rahasia Otak

Cemerlang. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama.

Margono, dkk. (2007). Seni Rupa dan Seni

Teater 3. Yudistira: Yogyarta.

Nana Syaodih Sukmadinata.(2003).

Landasan Psikologis Proses

Pendidikan.Bandung: Remaja Rosda

Karya.

Ngalim Purwanto. (2002). Psikologi

Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Suparman. (2014). Peningkatan

Kemandirian Belajar Dan Minat

Belajar Mahasiswa Mata Kuliah

Elektronika Analog Dengan

Pembelajaran PBL. Jurnal

Pendidikan Teknik dan Kejuruan.

(Nomor 1 tahun 2014). Hlm. 2.

Utami Munandar. (1992).

Mengembangkan Bakat dan

Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta:

Grasindo.

Utami Munandar. (1995). Pengembangan

Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:

Rineka Cipta.

W.S. Winkel. (2014). Psikologi

Pengajaran. Yogyakarta: Sketsa.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i1.10238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1