HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN TEKSTIL KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 4 SURAKARTA

Anisa Titiyan Dwi Jayanti, Enny Zuhni Khayati, M.Kes

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) penggunaan media PowerPoint dalam mata pelajaran
Tekstil Kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Surakarta, (2) hasil belajar siswa pada dalam pelajaran Tekstil Kelas
X Tata Busana di SMK Negeri 4 Surakarta, (3) hubungan penggunaan media pembelajaran PowerPoint denganhasil belajar siswa dalam mata pelajaran Tekstil Kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Surakarta. Penelitian inimerupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Tata Busana di SMK N 4
Surakarta tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 130 peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 98 yang diambilsecara random sampling dan ukuran sampel menggunakan rumus Taro Yamane dan Slovin. Variabel yang ditelitimeliputi penggunaan media PowerPoint sebagai variabel independent dan hasil belajar sebagai variabel dependent.
Metode pengambilan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Sedangkan metode analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment dengan bantuan program SPSS 15.00 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan media PowerPoint siswa kelas X Tata Busana SMK N 4Surakarta termasuk dalam kategori sangat tinggi terbukti 62 Siswa (63%) menjawab sangat setuju dan 36 siswa
(37%) menjawab setuju. (2) pencapaian hasil belajar mata pelajaran Tekstil siswa kelas X Tata Busana di SMK N 4
Surakarta termasuk dalam kategori kompeten 89,7 %, termasuk dalam kategori belum kompeten 10,3 % (3) ada
hubungan positif antara penggunaan media PowerPoint (x) dengan hasil belajar (y) siswa kelas X Tata Busana diSMK N Surakarta, pada taraf signifikansi 5% diperoleh r hitung (0,304) > r tabel (0,193) sehingga koefisienkorelasi X terhadap Y adalah significant.

Kata Kunci : Hubungan PowerPoint dengan hasil belajar, Tekstil.

 

Abstract
The objective of this study is to determine: (1) the use of Microsoft PowerPoint in Textile Course for
Fashion Design Grade 10 at SMK Negeri 4 Surakarta, (2) Final Grades of Textile Course for Fashion Design
Grade 10 at SMK Negeri 4 Surakarta, (3) The correlation between the use of Microsoft PowerPoint and the Final
Grades of Textile Course for students of Fashion Design Grade 10 at SMK Negeri 4 Surakarta. This study is a
correlational research. The data collection are taken from 130 students of Fashion Design Grade 10 at SMK
Negeri 4 Surakarta in the academic year of 2016/2017. The total sample consists of 98 participants using the
Random Sampling technique with a sample size as studied from the Taro Yamane and Slovin Formula. Observed
variables include the use of Microsoft PowerPoint as an independent variable and Final Grades as the dependent
variable. The data collection method includes the use of questionnaires, documentations and observations.
Furthermore, the data analysis method for this study used the descriptive analysis and product moment correlation
with SPSS 15:00 for Windows.The results of this study showed that: (1) The agreement in using of Microsoft
PowerPoint for Fashion Design Grade 10 at SMK Negeri 4 Surakarta resulted in a very high category where 62
students (63%) are in the category of very high and 36 students (37%) are in the high category. (2) The results of
the Final Grade in Textile Course at Fashion Design Grade 10 at SMK Negeri 4 Surakarta consists of 89.7% of
students categorized as competent and, 10.3% classified as incompetent. (3) There is a positive relationship
between the use of Microsoft PowerPoint (x) and the Final Grade (y) of Fashion Grade 10 students at SMK Negeri
4 Surakarta, at a significance level of 5%, r was obtained between arithmetic (0.304)> r table (0.193). Hence the
study shows that the correlation coefficient of X to Y is significant.

Keywords: The correlation of Microsoft PowerPoint on exam reults, Textile


Full Text:

PDF

References


Arief S Sadiman. (2008). Media Pendidikan;

HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA…(ANISA TITIYAN DWI JAYANTI)

Pengertian, Pengembangan, dan

Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Greafindo

Persada

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media.

Dina Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Media

Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan

Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mitra

Cendikia Press.

Erman Sutarno dan Mukhidin. Pengembangan

Model Pembelajaran Berbasis Multimedia

Interaktif Pengukuran Untuk Meningkatkan

Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di

Kota Bandung. JPTK Vol 21. No 3.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Istiningsih. (2012). Pemanfaatan TIK dalam

Pembelajaran. Yogyakarta: Skripta Media

Creative.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian

Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan

Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis

Disertai dengan Contoh. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Marsudi. (2014). Penerapan Model Konstruktivitas

dengan Media File Gambar 3D Untuk

Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Hasil

Belajar. JPTK Vol 23. No 1. Yogyakarta:

Universitas Negeri Yogyakarta

Noor Fitrihana. (2008). Pengetahuan Tekstil.

Diakses dari

http://PENGETAHUAN%20TEKSTIL%20%E

%80%93%20B4D3%20CONSULTANTS.htm

l pada tanggal 28 Agustus 2016, jam 14.35

WIB.

Rayandra Asyhar. (2002). Kreatif Mengembangkan

Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi

Suyitno. (2007). Pengembangan Multimedia

Interaktif Pengukuran Teknik Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK.

JPTK Vol 23. No 1. Yogyakarta: Universitas

Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i1.10237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1