IDENTIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK N 1 SEWON

Warsiyanti Warsiyanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pembuatan
saku passepoille 2) mengetahui seberapa besar faktor eksternal sekolah penyebab kesulitan belajar pembuatan saku
passepoille. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
angket dan dokumentasi. Sampel penelitian sebanyak 58 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling.
Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk dengan mengkonsultasikan pada ahli materi (judgement expert)
dan di uji cobakan dengan perhitungan korelasi product moment. Reliabilitas instrument dihitung menggunakan
SPSS dengan rumus KR-20 dengan hasil instrument dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pembuatan saku passepoille siswa kelas X Tata Busana SMK N 1 Sewon
meliputi faktor guru, media pembelajaran, waktu sekolah dan pelanggaran terhadap disiplin sekolah (2) besarnya
kesulitan belajar pembuatan saku passepoille untuk masing-masing faktor sebagai berikut (a) faktor guru dengan
mean sebesar 10,37 berada dalam kategori tinggi (b) media pembelajaran dengan mean sebesar 7,31 berada dalam
kategori tinggi (c) waktu sekolah dengan mean sebesar 2,25 berada dalam kategori sedang (d) pelanggaran
terhadap disiplin sekolah dengan mean sebesar 3,25 berada dalam kategori tinggi.

Kata Kunci: faktor-faktor penyebab, kesulitan belajar di sekolah, saku passepoille

 

Abstract
This research aims to: 1) identifying causal factors of learning difficulties in making of passepoille pocket
2) investigating how big the causal factors of learning difficulties in making of passepoille pocket. This research is
descriptive research. The data collecting techniques used were questionnaire and documentation. The sample
used were 58 students determined by using purposive sampling technique. The construct validity was obtained by
doing consultation with the expert (judgment expert) and by testing with product moment correlation.The
reliability of the instrument was obtained using SPSS with KR-20 formula and was proven reliable. The research
showed that (1) the causal factors of learning difficulties faced by the students are from teachers, teaching media,
school time, and disobedience of the school rules; and (2) the value of learning difficulties in making of
passepoille pocket for each factor is as follows: (a) teacher factor with mean 10.37 in high category (b) teaching
media with mean 7.31 in high category (c) school time with mean 2.25 in average category (d) disobedience of the
school rules with mean 3.25 in high category.

Keywords: causal factors, learning difficulties at school, passepoille pocket

 


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi & Widodo Supriyono. (1991).

Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka cipta

Djati Pratiwi. (2001). Pola Dasar Dan Pecah Pola

Busana. Yogyakarta : Kanisius

Elsa Lesmayati. (2016). Faktor-faktor Eksternal

Penyebab Kesulitan Belajar Kelas XI Pada

Mata Pelajaran Busana Industri Di SMK

Identifikasi Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar .... (Warsiyanti)

Negeri 3 Magelang. JPTK. Yogyakarta:

Universitas Negeri Yogyakarta

Goet Poespo. (2009). Tailoring Membuat Blazer

dalam 1 Hari. Yogyakarta: Kanisius

Nanie Asri Yuliati. (1993). Teknologi Busana.

Yogyakarta: IKIP Yogyakarta

Rumaisha Ulya. (2013). Pentingnya Teknologi

Menjahit Di Era Globalisasi. Diakses pada

tanggal 08 Oktober 2017 dari

https://rumaishaulya.wordpress.com/2013/

/16/pentingnya-teknologi menjahit-diera-globalisasi/.

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi

Belajar. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i1.10233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1