PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT BERBASIS LECTORA PADA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA KELAS X DI SMK NEGERI 1 NGAWEN YOGYAKARTA

Istri Nur Rohmah, Sri Widarwati, M.Pd

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media power point berbasis lectora pada
pembelajaran menggambar busana kelas X di SMK Negeri 1 Ngawen Yogyakarta; (2) mengetahui
kelayakan media power point berbasis lectora. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Borg
and Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov dengan 5 tahapan meliputi: (1) tahap analisis
kebutuhan produk, (2) tahap pengembangan produk awal, (3) tahap validasi ahli dan revisi, (4) tahap uji
coba skala kecil, (5) tahap uji coba lskala besar. Subjek penelitian kelas X Busana Butik berjumlah 45
siswa, uji coba skala kecil 15 siswa dan uji coba skala besar 30 siswa. Pengumpulan data dengan
menggunakan angket. Validitas menggunakan content validity hasil instrumen dinyatakan valid.
Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach sebesar 0,955. Analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif. Hasil pengembangan meliputi: a) analisis kebutuhan berupa analisis kurikulum dan silabus; b)
pengembangan produk awal menyusun storyboard; c) validasi ahli media dan materi, hasil masingmasing
menyatakan
“layak”;
d)
uji
coba
skala
kecil
pemperoleh
skor
mean
(61),
dalam
kategori
“layak”

pada
rentang
63
> X ≥ 48;
e)
uji
coba
skala
besar pemperoleh
skor
mean
(62),
dalam
kategori
“layak”

pada
rentang
63
> X ≥ 48.
2).
Media
dinyatakan
layak
oleh
ahli
media,
ahli
materi
dan
siswa
sehingga,

media
power
point
berbasis
lectora
dapat
digunakan
sebagai
media pembelajaran.


Kata Kunci: media power point berbasis lectora.

 

ABSTRACT
This study aims to: (1) develop media power point based on learning lectora fashion drawing
class X SMK 1 Ngawen Yogyakarta; (2) determine the feasibility of lectora-based media power point.
This research is the development of Borg and Gall simplified by Tim Puslitjaknov with 5 stages include:
(1) the stage of analysis of product requirements, (2) the stage of early product development, (3) the
validation of experts and revision, (4) the pilot phase scale small (5) great lskala test phase. X-class
research subjects were 45 students Clothing Boutique, a small-scale trial of 15 students and a large-scale

 

trial of 30 students. The collection of data by using questionnaires. The validity of using content validity
results declared invalid instrument. Reliability using Cronbach alpha of 0.955. Data analysis using
quantitative descriptive analysis. Results include the development of: a) a needs analysis in the form of
analysis of curriculum and syllabus; b) preparing a storyboard early product development; c) validation of
media experts and material, the results of each declared "eligible"; d) small-scale trials pemperoleh mean
score (61), in the category of "worth" in the range of 63> X ≥ 48; e) large-scale trials pemperoleh mean
score (62), in the category of "worth" in the range of 63> X ≥ 48. 2). Media declared eligible by media
experts, subject matter experts and students so, media-based lectora power point can be used as a medium
of learning.

keyword : lecotra-based power point media.


Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2011). Media Pembelajaran.

Bandung: PT. Sarana Tutorial

Nurani Sejahtera.

Hujair AH Sanaky. (2011). Media

Pembelajaran Buku Pegangan Wajib

Guru Dan Dosen. Yogyakarta:

Kaukaba Dipantara.

Imam Mustholiq, dkk. (2007).

Pengembangan Media Pembelajaran

Interaktif Berbasis Multimedia Pada

Mata Pelajaran Kuliah Dasar Listrik.

Jurnal. UNY.

Muhammad Mas’ud. (2014). Membuat

Multimedia Pembelajaran dengan

Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media

Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka

Insan Madani.

Tim Puslitjaknov. (2008). Metode

Penelitian Pengembangan. Departemen

Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i1.10231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1