SARANA RETORIK DALAM ANTOLOGI PUISI MADURA, LUANG PRABHANG KARYA ABDUL HADI W. M

Abdul Basith Asshomadi

Abstract


Mencari Sarana retorik repetisi, pertanyaan retoris dan ironi dalam antologi puisi Madura, Luang Prabhang karya Abdul Hadi W. M, serta menjelaskan fungsi dari masing-masing sarana retorik tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah buku antologi puisi Madura, Luang Prabhang karya Abdul Hadi W. M. Menemukan unsur-unsur pada kumpulan puisi Madura, Luang Prabhang karya Abdul Hadi W. M, yang mengandung sarana retorik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik baca dan catat. Instrumen penelitian yang digunakan berupa human instrument. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan metode sampel dengan langkah transkrip data dan klasifikasi data. Keabsahan data diperoleh melalui trianggulasi teori dan teknik ketekunan pengamatan.

Hasil penelitian menunjukkan dua kesimpulan. Pertama, menemukan sarana retorik, yang berupa sarana retorik repetisi, pertanyaan retoris, dan ironi dalam antologi puisi Madura, Luang Prabhang karya Abdul Hadi W. M. Kedua, fungsi dari sarana retorik repetisi antara lain adalah untuk menegaskan suatu gagasan, melukiskan suatu keadaan secara terus menerus. Fungsi dari sarana retorik pertanyaan retoris adalah untuk membuat pikiran pembaca bekerja mencari makna yang tersirat dalam puisi. Fungsi dari sarana retorik ironi adalah untuk mengarahkan pembaca atau pendengar, lebih mengetahui dengan jelas sikap penyair terhadap apa yang diungkapkan lewat karyanya, menyatakan sesuatu tidak sesuai dengan kenyataannya.

Kata kunci: sarana retorik, Madura, Luang Prabhang.


Full Text:

PDF

References


Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penilitian Sastra. Yogyakarta : CAPS.

Hadi, Abdul W. M. 2006. Madura Luang Prabhang. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ratna, Prof. Dr. Nyoman Kuta.2007. Sastra dan Cultural Studies Representasi Fiksi dan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sayuti , Prof. Dr. Suminto A. 2010. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama media.

Teeuw. 1988. Sastra Dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.