PENGGUNAAN EUFEMISME DALAM BERITA UTAMA SURAT KABAR SEPUTAR INDONESIA EDISI BULAN DESEMBER 2016 SAMPAI JANUARI 2017

al afini oktriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk kebahasaan eufemisme, (2) mendeskripsikan referensi eufemisme, dan (3) mendeskripsikan nilai rasa eufemisme yang terdapat dalam Berita Utama Surat Kabar Seputar Indonesia Edisi Bulan Desember 2016 sampai Januari 2017. Penelitian ini memiliki manfaat praktis dan teoretis.

Subjek penelitian ini adalah kalimat yang mengandung eufemisme yang terdapat dalam Berita Utama Surat Kabar Seputar Indonesia Edisi Bulan Desember 2016 sampai Januari 2017. Objek penelitiannya adalah eufemisme yang terdapat dalam Berita Utama Surat Kabar Seputar Indonesia Edisi Bulan Desember 2016 sampai Januari 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Instrumen yang digunakan adalah human istrument. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan dan agih. Metode padan menggunakan teknik padan referensial. Metode agih menggunakan teknik sisip, teknik lesap dan teknik ganti. Keabsahan data diperoleh melalui intrarater dan interrater.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk kebahasaan eufemisme yang ditemukan berupa kata dan frasa. Bentuk kebahasaan berupa kata, yaitu bentuk kata tunggal dan bentuk kata kompleks. Bentuk kebahasaan frasa yang ditemukan yaitu, frasa endosentrik. Kedua, referensi eufemisme yang ditemukan yaitu, benda, profesi, penyakit, aktivitas, peristiwa, keadaan dan keterbatasan fisik dan psikologis. Ketiga, nilai rasa eufemisme yang ditemukan yaitu, tinggi dan ramah. Nilai rasa tinggi ditemukan dalam semua bentuk kebahasaan eufemisme dan referensi eufemisme.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.