MAKIAN DALAM KOMENTAR DI AKUN INSTAGRAM @LAMBE_TURAH

Desy Rachmawati

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makian dalam komentar di akun instagram @lambe_turah. Penelitian ini akan mengkaji tentang bentuk lingual makian, referensi makian, dan fungsi emotif makian pada komentar di akun instagram @lambe_turah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah makian yang ada dalam komentar di akun instagram @lambe_turah. Objek dalam penelitian ini adalah bentuk makian, referensi makian, dan fungsi emotif bahasa pada makian dalam komentar di akun instagram @lambe_turah. Data dikumpulkan dari komentar pengikut instagram akun @lambe_turah, yakni dari bulan November 2016 sampai dengan pertengahan Januari 2017. Data diperoleh dengan metode simak. Analisis data dilakukan dengan metode agih yang dibantu teknik BUL untuk menganalisis bentuk makian, sedangkan referensi makian dianalisis dengan menggunakan metode padan referen. Untuk menganalisis fungsi emotif bahasa pada makian digunakanlah metode padan pragmatis. Teknik pemeriksaan keabsahan data diperoleh melalui teknik ketekunan pengamatan.

Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, bentuk satuan lingual makian yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu, makian berbentuk kata, makian berbentuk frase, makian berbentuk klausa, dan makian berbentuk kalimat tak berklausa. Kedua, referensi yang digunakan penutur untuk memaki meliputi sebelas referen yaitu keadaan, binatang, benda-benda tertentu, bagian tubuh, istilah kekerabatan tertentu, makhluk halus, aktivitas negatif, pekerjaan negatif, kata seru, tempat tertentu, makanan tertentu, dan kotoran manusia atau binatang. Ketiga, fungsi emotif bahasa pada makian yang digunakan penutur sebagai pengungkap perasaannya yaitu, makian sebagai sarana pengungkap rasa: a) kemarahan, b) kekesalan, c) kekecewaan, d) penyesalan, e) penghinaan, dan g) terkejut.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.