ANALISIS FRASA PREPOSISIONAL DALAM KOLOM “CERITA ANAK” DI KEDAULATAN RAKYAT

Ade Putra Sejati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis preposisi pada frasa preposisional, pola frasa preposisional, dan makna frasa preposisional dalam kolom “cerita anak” di Kedaulatan Rakyat.

Subjek penelitian ini adalah kolom cerita anak di Kedaulatan Rakyat. Objek penelitian ini adalah kalimat yang mengandung frasa preposisional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan baca catat. Instrumen yang digunakan adalah human instrumen dibantu dengan tabel yang berisi parameter penelitian. Data dianalis dengan menggunakan metode agih. Keabsahan data diperoleh melalui pengamatan secara berulang.

Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, berdasarkan jenis preposisi ditemukan dua jenis preposisi, yaitu preposisi tunggal dan preposisi gabung. Preposisi tunggal terdiri atas kelompok yang berupa kata dasar dan berupa turunan (berafiks). Preposisi turunan terdiri atas preposisi yang berprefiks. Preposisi gabung terdiri atas dua bentuk, yaitu bentuk preposisi berdampingan dan preposisi dan nomina lokatif. Kedua, pola frasa preposisional terdiri atas empat pola, yaitu

(1)  preposisi + nomina/frasa nomina, (2) preposisi + nomina lokatif + nomina, (3) preposisi + adjektiva/frasa adjektiva, dan (4) preposisi + pronomina persona. Ketiga, makna frasa preposisional terdiri atas 11 makna, yaitu makna posisional, tujuan, asal, dimensional, relatif posisional, kurun waktu, relatif, sebab – tujuan, cara, kesertaan, dan pokok pembicaraan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.