REGISTER HUKUM DALAM RUBRIK KLINIK HUKUM DI SITUS HUKUMONLINE.COM

lia wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan register hukum dalam situs hukumonline.com. Register ini dikaji dari aspek bentuk register hukum dalam situs hukumonline.com, makna register hukum dalam situs hukumonline.com, dan fungsi register hukum dalam situs hukumonline.com.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah bahasa yang digunakan dalam rubrik klinik hukum di situs hukumonline.com. Objek penelitian ini adalah bentuk register, makna register, dan fungsi register yang digunakan dalam rubrik klinik hukum di situs hukumonline.com. Data diperoleh dengan metode simak dan dengan teknik pembacaan intensif dan pencatatan. Data dianalisis dengan metode agih dan teknik bagi unsur langsung (BUL). Keabsahan data diperoleh melalui teknik ketekunan pengamatan dan validasi.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk register hukum dalam rubrik klinik hukum di situs hukumonline.com dikategorikan berdasarkan bentuk register, yakni 1) bentuk tunggal, 2) bentuk kompleks yang terdiri dari bentuk berafiks, bentuk majemuk, bentuk pengulangan, dan bentuk pemendekan, 3) bentuk frasa. Kedua, makna register hukum dalam rubrik klinik hukum di situs hukumonline.com dapat dikategorikan berdasarkan jenis makna yang meliputi 1) makna primer dan 2) makna sekunder. Ketiga, fungsi register hukum dalam rubrik klinik hukum di situs hukumonline.com, yaitu meliputi 1) fungsi instrumental berupa perintah dan pemberi perhatian, 2) fungsi regulasi berupa larangan, 3) fungsi representasi berupa penjelasan dan penyampaian fakta-fakta, dan 4) fungsi heuristik berupa pertanyaan.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.