ADJEKTIVA DALAM WACANA IKLAN KATALOG PRODUK KECANTIKAN

Nur dayati Bunga Khodarina

Abstract


 

Penelitian mengenai adjektiva dalam wacana iklan Katalog Kecantikan Oriflame dan Sophie Paris bertujuan untuk mendeskripsikan jenis adjektiva, bentuk adjektiva, dan makna semantis adjektiva yang terdapat dalam katalog-katalog tersebut.

Subjek penelitian ini adalah seluruh kalimat yang terdapat dalam wacana iklan Katalog Produk Kecantikan Oriflame dan Sophie Paris. Katalog Oriflame yang dipilih oleh peneliti adalah edisi 1 Januari – 31 Januari 2016 yang memiliki ketebalan 98 halaman. Selanjutnya adalah Katalog Produk Kecantikan Sophie Paris edisi 150 yang memiliki ketebalan 59 halaman. Objek penelitian ini adalah kata, yaitu adjektiva yang terdapat dalam katalog-katalog tersebut. pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca catat, sedangkan analisis data dilakukan dengan metode agih dengan teknik bagi unsur langsung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam wacana iklan Katalog Kecantikan Oriflame dan Sophie Paristerdapat dua jenis adjektiva, yaitu adjektiva bertaraf dan adjektiva tak bertaraf. Bentuk adjektiva yang ditemukan adalah tiga, yaitu bentuk dasar, bentuk turunan berafiks, dan bentuk turunan majemuk. Makna semantis adjektiva yang ditemukan adalah sebanyak delapan makna, yaitu makna ‘pemeri sifat’, ‘ukuran’, ‘warna’, ‘waktu’, ‘jarak’, ‘sikap batin’, ‘cerapan’, makna ‘bentuk’, makna ‘massa’, dan makna ‘usia’.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.