REGISTER DALAM AKUN INSTAGRAM LAMBE TURAH

Ovi Agustiani, Tadkiroatun Musfiroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan retorika dalam slogan iklan e-commerce Indonesia di Youtube. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif melalui analisis retorika terhadap slogan iklan e-commerce Indonesia edisi tahun 2017-2018 di Youtube. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, pengamatan, simak, dan catat. Analisis data dilakukan dengan metode analisis konten. Hasil penelitian sebagai berikut. Retorika dalam iklan terdiri dari tiga unsur, yaitu (1) diksi: denotasi, konotasi, kata umum, kata khusus, kata asli, dan kata serapan; (2) teknik persuasi: teknik sugesti, identifikasi, rasionalisasi, konformitas, proyeksi, kompensasi, dan penggantian; (3) gaya bahasa: aliterasi, asonansi, asindeton, polisindeton, elipsisi, eufemismus, tautologi, anastrof, pertanyaan retoris, hiperbol, metafora, personifikasi, alusi, sinekdoke, metonimia, epistrofa, tautotes, anadiplosis, simploke, dan anafora.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.