PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM TAYANGAN RUMPI (NO SECRET) DI TRANS TV

Ardenia Punky Antasari, Suhardi Suhardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis pelanggaran kesantunan berbahasa, jenis tindak tutur serta maksud tuturan yang melanggar prinsip kesantunan berbahasa dalam tayangan Rumpi (No Secret) di Trans TV.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tuturan dalam tayangan Rumpi (No Secret) di Trans TV, objek pada penelitian ini adalah pelanggaran prinsip kesantunan, tindak tutur dan maksud tuturannya. Data diperoleh dengan menggunakan metode simak dengan teknik SBLC (simak bebas libat cakap) dan metode catat. Instrumen penelitian dalam penelitian ini ada human instrument yaitu peneliti sendiri dengan menggunakan parameter penggunanan prinsip kesantunan berbahasa dan tindak tutur dari Leech.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik padan pragmatik. Keabsahan data diperoleh dari ketekunan pengamatan peneliti dengan pengamatan yang teliti, rinci serta berkesinambungan.

Hasil penelitian dalam tayangan Rumpi (No Secret) di Trans TV menunjukkan beberapa hal berikut. (1) Jenis pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa teridiri dari lima pelanggaran, yaitu pelangggaran satu maksim, pelanggaran dua maksim, pelanggaran tiga maksim, pelanggaran empat maksim dan pelanggaran lima maksim. (2) Tindak tutur dalam pelanggaran prinsip kesantunan dalam tayangan Rumpi (No Secret) di Trans TV meliputi tindak tutur asertif, direktif, ekspresif dan rogatif. (3)Maksud tuturan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam tayangan Rumpi (No Secret) di Trans TV terdiri dari memperoleh informasi, memberi informasi, menolak, menyindir, meragukan, mencurigai, menyombongkan diri, mengkritik, mencela dan memerintah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.