REGISTER POLITIK DALAM RUBRIK POLITIKA PADA SURAT KABAR JAWA POS

Tanti Deni Masrofah, Zamzani Zamzani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan register politik meliputi: (1) wujud istilah politik dalam rubrik Politika pada surat kabar Jawa Pos, (2) makna istilah politik dalam rubrik Politika pada surat kabar Jawa Pos, (3) jenis register istilah-istilah politik dalam rubrik Politika pada surat kabar Jawa Pos.

Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah wacana berita yang dimuat dalam rubrik Politika pada surat kabar Jawa Pos edisi 1 Mei - 30 Juni 2018. Adapun objeknya meliputi wujud istilah register, makna istilah register, dan jenis register istilah-istilah politik dalam rubrik Politika pada surat kabar Jawa Pos. Data diperoleh melalui metode simak dengan teknik baca dan catat. Data dianalisis dengan (1) metode padan referensial, (2) metode agih: BUL, substitusi dan teknik perluas. Teknik pemeriksaan keabsahan data diperoleh melalui ketekukan pengamatan dan diskusi dengan sejawat.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) wujud istilah politik dalam rubrik Politika pada surat kabar Jawa Pos berwujud kata dan frase. Berdasarkan proses pembentukannya wujud kata terdiri dari wujud kata tunggal dan kompleks: berafiks, reduplikasi, komposisi, dan abreviasi. Berdasarkan pembentukannya wujud frase yang ditemukan terbagi menjadi dua jenis yaitu frase endosentris atributif dan endosentris koordinatif. (2) makna istilah politik dalam rubrik Politika pada surat kabar Jawa Pos bagi menjadi dua golongan yaitu data-data yang memiliki makna primer dan data-data yang memiliki makna sekunder. (3) jenis register istilah-istilah politik dalam rubrik Politika pada surat kabar Jawa Pos termasuk dalam jenis variasi register terbuka karena karena memiliki makna istilah yang luas dan memuat kosakata khusus di bidang politik yang masih bisa dipahami oleh orang di luar bidang yang bersangkutan dan kosakatanya masih relevan jika digunakan dalam percakapan sehari-hari.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.