ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM KARANGAN SISWA SD NEGERI GEMAWANG SINDUADI MLATI SLEMAN

Susan Nauli Silitonga

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan yang terdapat dalam
karangan siswa SD Negeri Gemawang Sinduadi Mlati Sleman. Kesalahan ejaan tersebut
mencakup: a) kesalahan pemakaian huruf, b) kesalahan penulisan kata, c) kesalahan
penggunaan tanda baca.
  Subjek penelitian ini adalah karangan siswa SD Negeri Gemawang kelas IV dan V.
Objek dari penelitian ini adalah penerapan ejaan yang meliputi pemakaian huruf, penulisan
kata dan pemakaian tanda baca. Instrumen penelitian ini menggunakan  human instrumen,
yaitu peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data mengggunakan teknik membaca dan
mencatat. Teknik analisis data menggunakan metode agih, yaitu metode yang alat penentunya
merupakan bagian dari bahasa itu sendiri. Teknik keabsahan data menggunakan teknik
intrarater.
  Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut.  Pertama, pemakaian huruf salah
satunya kesalahan penggunaan huruf kapital. Ditemukan 6 kasus kesalahan, di antara 6 kasus
tersebut kesalahan pemakain huruf kapital yang paling dominan ditemukan. Kedua, penulisan
kata ditemukan kesalahan kurang huruf, kelebihan huruf, perangkai kata dan kesalahan dalam
penulisan huruf. Ketiga, pemakaian tanda baca yang ditemukan adalah kesalahan tanda titik pada akhir kalimat, kesalahan tanda koma, kesalahan tanda titik koma, dan kesalahan tanda
hubung. Secara umum kesalahan pada karangan siswa SD adalah pemakaian huruf  kapital,
penulisan kata dan pemakaian tanda baca.

Full Text:

PDF

Refbacks