PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP WARUNG MAKAN INDOMIE DI WILAYAH MRICAN

Nur Faizal Adkha, Sutriyati Purwanti, M.Si

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap warung makan
indomie di wilayah Mrican dari aspek: 1) produk, 2) harga, 3) tempat, 4) promosi, 5) karyawan,
6) proses, 7) bukti fisik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi penelitian yaitu 3000 konsumen pada warung makan indomie dalam waktu satu bulan.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian diketahui bahwa persepsi konsumen
terhadap warung makan indomie di wilaya Mrican: 1) aspek produk memiliki kategori sangat
tinggi 3%, tinggi 56%, kurang 34%, sangat kurang 7%. 2) aspek harga memiliki kategori sangat
tinggi 6%, tinggi 27%, kurang 65%, sangat kurang 2%. 3) aspek tempat memiliki kategori
sangat tinggi 6%, tinggi 56%, kurang 33%, sangat kurang 5%. 4) aspek promosi memiliki
kategori sangat tinggi 5%, tinggi 38%, kurang 56%, sangat kurang 1%. 5) aspek karyawan
memiliki kategori sangat tinggi 9%, tinggi 47%, kurang 37%, sangat kurang 6%. 6) aspek proses
memiliki kategori sangat tinggi 12%, tinggi 53%, kurang 32%, sangat kurang 3%. 7) aspek bukti
fisik memliki kategori sangat tinggi 11%, tinggi 46%, kurang 36%, sangat kurang 6%.
Kata kunci: Persepsi Konsumen, 7P (Produk, Harga, Tempat, Promosi, Karyawan, Proses, Bukti
Fisik), Warung Makan Indomie
Abstract
This study aims to determine: perseption consumer of warung makan indomie in Mrican
region from aspect: 1) product, 2) price, 3) place, 4) promotion, 5) people, 6) process, 7)physical evidence. This study is a descriptive study with quantitative approach. The population
is the 3000 consumer in 7 place for one month. The technique of collecting data using
questionnaires. Analyzed data using quantitative descriptive analysis with percentages. The
results showed perseption consumer of warung makan indomie in Mrican region: 1)aspect of
product have very high categories 3%, high 56%, low 34%, very low 7%. 2)aspect of price have
very high categories 6%, high 27%, low 34%, very low 2%. 3)aspect of place have very high
categories 6%, high 56%, low 33%, very low 5%. 4)aspect of promotion have very high
categories 5%, high 38%, low 56%, very low 1%. 5)aspect of people have very high categories
9%, high 47%, low 37%, very low 6%. 6)aspect of process have very high categories 12%, high
53%, low 32%, very low 3%. 7)aspect of physical evidence have very high categories 11%, high
46%, low 36%, very low 6%.
Keywords: Perception Consumer, 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process,
Physical Evidence), Warung Makan Indomie

Full Text:

PDF

References


Basu Swastha, DH dan Irawan. (2002).

Manajemen Pemasaran Modern, Edisi

Kedua, Cetakan Ketiga. Yogyakarta:

Penerbit Liberty.

Fadilla Rahmawati Toisuta (2014). Strategi

Promosi Kedai Kopi Espresso Bar

(KEIKO) Melalui Media Sosial

Surabaya

Fandy Tjiptono. (2001). Strategi

Pemasaran. Yogyakarta: ANDI

Philip Kotler & Gary Amstrong. (2008).

Prinsip - Prinsip Pemasaran, Jilid 1

Edisi Keduabelas. Jakarta: Penerbit

Erlangga

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian

Kualitatif, kuantitaf dan R & D.

Bandung:Alfabeta

Ujang Sumarwan. (2014). Perilaku

Konsumen Edisi Kedua. Bogor:

Penerbit Ghalia Indonesia




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i8.5559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1