PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIPATAN SERBET BERBASIS ADOBE FLASH PADA SISWA KELAS JASA BOGA SMK N 3 KLATEN

Diah Kususma Ningsih, Sri Palupi, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran lipatan serbet (napkin folding) berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Klaten, 2) mengetahui kelayakan media lipatan serbet (napkin folding) pada siswa kelas XI Jasa Boga di SMK N 3 Klaten. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R&D dengan model pengembangan 4D dengan modifikasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1) tahap pengembangan media
pembelajaran lipatan serbet (napkin folding) berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash dengan penilaian berdasarkan ahli media dan ahli materi berada pada kategori layak. 2) media pembelajaran lipatan serbet (napkin folding) siswa tiap aspek menggunakan analisis deskriptif adalah a) aspek pemprograman dengan skor 25,93% dalam kategori layak, b) aspek tampilan
media dengan skor 38,40% dalam kategori layak, c) aspek isi materi dengan skor 26,03% dalam kategori layak, d) aspek pembelajaran dengan skor 21,87%. Kata kunci: pengembangan media, Adobe Flash, lipatan serbet


Full Text:

PDF

References


Adri dan Azhar. (2008). Pengembangan

Paket Multimedia Interaktif Sebagai

Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa.

http://elektronika.unp.ac.id/wp/content/u

ploads/2008//03/adrineldamakasemnas2

pdf. diakses tanggal 7 november

Chandra Wijaya. (2011). Efektivitas

Penggunaan Pembelajaran Mekanik

Teknik dengan Adobe Flash di SMK 1

Piri Yogyakarta. Skripsi: UNY

Jamil Suprihatiningrum. (2014). Strategi

Pembelajaran Teori dan Aplikasi.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Nugraheni Dinasari Haryono. (2015).

Pengembangan Multimedia Interaktif

Sebagai Media Pembelajaran Ilmu

Pengetahuan Sosial Materi Koperasi

Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri

Tegalpanggung Yogyakarta. Skripsi:

UNY

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta

Sunarto Soenaryo. (2004). Pengembangan

Multimedia Interaktif dalam

Pembelajaran Fisika Listrik. Jurnal

Edukasi Elektro, 1(1), 69-75.

Trianto. (2010). Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif-Progresif.

Jakarta:Putra Utama




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i3.3171

Refbacks



Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1