PENGEMBANGAN BUKU SAKU PENGOLAHAN SEREALIA DAN KACANG-KACANGAN (DODOL, DONAT, SUSU KEDELAI) UNTUK SMK TPHP

Esti Windiarti, Andian Ari Anggraeni, M.Sc

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan buku saku pengolahan serealia dan kacangkacangan
(dodol,
donat,
susu
kedelai).
(2)
mengetahui
nilai
kelayakan
buku
saku
pengolahan
serealia

dan
kacang-kacangan
(dodol,
donat,
susu
kedelai).
Hasil
pengembangan
buku
saku
pengolahan

serealia
dan
kacang-kacangan
(dodol,donat,
susu
kedelai)
yaitu
1)
Pengembangan
buku
saku
melalui


tahap
4D
yaitu
Define
(observasi,
wawancara,
study
pustaka),
Design
(rancangan
produk,
penyusunan

produk),
Develop
(validasi
ahli
materi,
validasi
ahli
media)
dan
Disseminate
(uji
coba
produk
kepada

calon
pengguna/user).
Ukuran
buku
saku
105x148
mm.
Penulisan
menggunakan
huruf
colibri
(body)

dengan
ukuran
8,9,10.
2)
Hasil
uji
kelayakan
buku
saku
menunjukkan
pada
validasi
materi

menghasilkan rerata skor sebesar 3,9 yang termasuk sangat layak. Validasi media menghasilkan rerata
skor sebesar 3,82 yang termasuk sangat layak. Penilaian oleh pengguna (user) dari kelayakan secara
keseluruhan dengan rerata 3,4 yang termasuk sangat layak, dengan presentase kategori sangat layak
sebesar 83,72% dan kategori layak sebesar 16,28%.

Kata kunci: pengembangan buku saku, Pengolahan Serealia dan Kacang-Kacangan (Dodol, Donat,
Susu Kedelai), siswa SMK kelas XII


Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional Pendidikan

(BSNP). (2015). Peraturan Badan

Standarisasi Nasional Pendidikan

(BNSP) nomor: 0034/BSNP/XII/2015.

Diakses dari www.bnsp-indonesia.org

pada tanggal 5 Februari 2016, jam 13.45

WIB.

Endang Mulyatiningsih. (2012). Riset

Terapan. Yogyakarta: UNY Press

Farida Dwi H. (2013). Pengembangan Media

Interaktif Bumbu Indonesia Sebagai

Bahan Pengayaan Untuk Siswa SMK

Jasa Boga. Abstrak Hasil Penelitian

UNY.Yogyakarta: Lembaga Penelitian

UNY.

Imas Kurniasih, Berlin Sani. (2014). Panduan

Membuat Bahan Ajar (Buku Teks

Pelajaran) Sesuai Dengan Kurikulum

Surabaya : Kata Pena

KKBI. (2016). Diakses dari www.kkbi.web.id

pada 12 Februari 2016 pukul 10.16 WIB.

Nurul Mar’atus Sholihah. (2015).

Pengembangan Buku Saku Akutansi

Sebagai Media Pembelajaran Untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar Akutansi

Bagi Siswa Kelas XI Akutansi Di SMK

Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun

Ajaran 2014/2015.Abstrak Hasil

Penelitian UNY.Yogyakarta: Lembaga

Penelitian UNY.

Yudhi Munadi. (2013). Media Pembelajaran

(Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: GP

Press Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i3.3167

Refbacks



Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1