IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HIDAYATULLAH YOGYAKARTA

Rosalin Helga Amazona, Dr. Siti Hamidah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk: a) Mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan valuasi nilai-nilai pendidikan karakter terpilih yakni religius, jujur, tekun, disiplin, dan peduli/tanggungjawab. b) Mengetahui perilaku religius, jujur, tekun, disiplin, dan peduli/tanggungjawab siswa SDIT Hidayatullah Yogyakarta. c) Hambatan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dan solusi yang diupayakan SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Jumlah sampel penelitian sebanyak 63 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kepala sekolah dan guru telah membuat program sekolah berupa pembiasaan dan budaya sekolah yang berkaitan dengan nilai religius, jujur, tekun, disiplin, dan peduli/tanggungjawab adalah dengan 1) Mewajibkan siswa shalat dhuha berjamaah di masjid sekolah; 2) Menekankan pada siswa untuk tidak mencontek saat ulangan; 3) Melarang siswa meninggalkan kelas saat pelajaran berlangsung ; 4) Menekankan pada siswa untuk melaksanakan piket sesuai jadwal; 5) Mewajibkan siswa membuang sampah pada tempatnya. Evaluasi program implementasi nilai karakter berupa parenting school, home visit, mengadakan dewan kelas secara rutin, komunikasi wali kelas kepada orang tua secara intensif, pendampingan secara agama (mentoring) dan akademik,
tausiyah, dan menjalin kedekatan antara guru dengan siswa guna menggali masalah siswa. Hasil penelitian implementasi pendidikan karakter yang dilakukan oleh anak; sebagian besar siswa menunjukkan nilai religius adalah “cukup” (71,4%), nilai jujur adalah “cukup” (66,7%), nilai tekun adalah “cukup” (82,5%), nilai disiplin “cukup” (66,7%), dan nilai peduli/tanggungjawab “cukup”
(79,4%). Dari kelima nilai tersebut, nilai jujur dan nilai disiplin merupakan nilai dengan presentase paling rendah yakni masing-masing pada presentase 66,7%, untuk itu diperlukan upaya dalam meningkatkan kejujuran dan kedisiplinan di SDIT Hidayatullah Yogyakarta.

Kata Kunci : implementasi nilai-nilai karakter, SDIT Hidayatullah Yogyakarta  


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i1.1913

Refbacks



Copyright (c) 2016 PEND. TEKNIK BOGA - S1