KUALITAS INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN STUDENTPRENEUR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Indriani Eka Pratiwi, Prihastuti Ekawatiningsih, M.pd

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Pengembangan instrumen penilaian kemampuan studentpreneur
siswa Jasa Boga di SMK Negeri 6 Yogyakarta dari segi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor 2) Kualitas
instrumen penilaian kemampuan studentpreneur. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D).
Waktu penelitian dari bulan Februari-Juni 2017 di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan
analisis deskriptif kuantitatif dengan SPSS dan ANATES Pilihan Ganda versi 4.09. Hasil penelitian: 1)
Pengembangan instrumen penilaian menggunakan metode pengembangan dari Borg&Gall dengan tahapan
mengkaji kurikulum, silabus dan materi, pembuatan kisi-kisi, penentuan format tes dan cara penyekoran, validasi
ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan besar, serta produk akhir. 2) Instrumen penilaian kemampuan
studentpreneur aspek kognitif berupa 35 butir soal pilihan ganda diketahui kualitas sangat baik berjumlah 17,
kualitas baik berjumlah 12, kualitas sedang berjumlah 5, kualitas tidak baik berjumlah 1, dan tidak ada soal yang
berkualitas sangat tidak baik. Instrumen penilaian aspek afektif dalam penelitian ini berjumlah 37 butir pernyataan
dengan 1 butir pernyataan dinyatakan gugur dan nilai reliabilitas sebesar 0,93. Instrumen penilaian aspek
psikomotor berupa lembar penilaian kinerja diuji dengan expert judgement dan dinyatakan layak digunakan.
Kata kunci: instrumen penilaian, kognitif, afektif, psikomotor

 

Abstract
The study aims to know: 1) The development of studentpreneur assessment instrument of Culinary
Management students at SMKN 6 Yogyakarta in terms of cognitive, affective, and psychomotor aspect 2) The
quality of the studentspreneur assessment instrument. This research is a research and development (R & D). This
study was conducted from February to June 2017 in SMK Negeri 6 Yogyakarta. Data was analyzed by quantitative
descriptive analysis with the help of SPSS and ANATES Multiple Choice 4.09 version. The result of the study are:
(1) The development of assessment instrument using development method from Borg & Gall with the stages:
studying the curriculum ,syllabus, and materials, creating instrument writing guidelines, determinating the test
format and skoring, expert validation and revision, small and large group trials, and final products. (2)
studentpreneur assessment instrument of cognitive aspect consists of 35 multiple choice questions known about
very good quality amounted to 17, good quality amounted to 12, medium quality amounted to 5, poor quality
amounted to 1, and no question has very poor quality. The assessment instrument of affective aspects in this study
amounted to 37 statements with 1 statement invalid and the reliability is 0.93. The assessment instrument of the
psychomotor aspect in the form of a performance assessment sheet has been tested with expert judgment and is
declared proper to use.
Keywords: assessment instruments, cognitive, affective, psychomotor


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999).

Pengelolaan Pengujian Bagi Guru Mata

Pelajaran.

Depdikbud. (2013). Peraturan Menteri

Pendidikan dan Kebudayaan Republik

Indonesia Nomor 66 Tahun 2013, tentang

Standar Penilaian Pendidikan.

Husaini Usman & Nuryadin Eko Raharjo. (2012).

Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan

di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal

Pendidikan dan Teknologi Kejuruan, 21

(2), 140-147.

Kemenristekdikti. (2015). Peraturan Pemerintah

RI Nomor 13, Tahun 2005, Tentang

Perubahan Kedua atas Peraturan

Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang

Standar Nasional Pendidikan.

Mars, MM., Slaughter,S. & Rhoades, G.2008,

„The State-Sponsored Student

Entrepreneur‟, The Hournal of Higher

Education,vol 79,no.6,pp.638-70.

Moch. Bruri Triyono, Sugiyono, Herminarto

Sofyan. (2016). Model Edupreneurship

Pelopor SMK Techno, Teacher, and

Schoolpreneur (Tahun ke 2). Yogyakarta:

Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurul Zuriah. (2006). Metodologi Penelitian

Sosial dan Pendidikan: Teori Dan Aplikasi.

Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. (2016). Dasar-Dasar

Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Bumi

aksara: Jakarta.

Torenberg,E. (2012) .Find Your Entrepeneure:

The Michigan Daily.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i5.10088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1