PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK MAKANAN SISWA ENTREPRENEURSHIP DI SMKN 4 SURAKARTA

Tiana Adiasari, Dr. Badraningsih Lastariwati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Intensitas akses media sosial sebagai alat pemasaran
produk pada siswa kelas Entrepreneurship di SMK Negeri 4 Surakarta (2) Media sosial apa saja yang
digunakan oleh siswa kelas Entrepreneurship SMK Negeri 4 Surakarta sebagai alat pemasaran produk (3)
Peran media sosial bagi siswa kelas Entrepreneurship SMK Negeri 4 Surakarta dalam mempromosikan
produk makanan. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif.
Populasi sebanyak 54 siswa yang terdiri dari tingkat XI dan XII kelas Entrepreneurship dan sampel
sebanyak 47 siswa. Data penelitian diperoleh melalui angket. Teknik analisis data deskriptif
menggunakan bantuan program statistik SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Mayoritas siswa menggunakan media sosial untuk pemasaran dengan intensitas 1- 2 jam per hari (2)
Media sosial yang digunakan dalam pemasaran produk makanan adalah Instagram, BBM, Facebook,
WhatsApp, Line, Path, Twitter (3) Siswa telah melakukan kegiatan promosi melalui media sosial dengan
sangat efektif.

Kata kunci : Media Sosial, Pemasaran Produk Makanan, Kelas Entrepreneurship

 

Abstract
The purposes of this study are to understand (1) intensity of accessing social media as a
marketing tool by students in Entrepeneurship class in SMK N 4 surakarta (2) kinds of social media used
by students in Entrepeneurship class in SMK N 4 surakarta as a marketing tool (3) the role of social
media in promoting student’s product. This study was a survey research using descriptive quantitative
research approach. The population was 54 students from XI and XII grades in entrepreneurship class.
Total sample obtained was 47 students. Data analysis technique used was descriptive analysis by using
statistical program SPSS 16.0. The results of study show that (1) the majority of students use social
media for marketing, with the intensity of accesing social media is 1- 2 hours a day (2) Social media used
for marketing their products are instagram, BBM, facebook, whatsapp, line, path and twitter (3) the
student has done the promoting activities through social media very effectively.

Keyword :Social Media, Food product marketing, Entrepreneurship class

 


Full Text:

PDF

References


APJII. (2015). Indonesia Internet Users. Laporan

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet

Indonesia. Diakses pada 31 Desember 2016

jam 08.18 WIB. Dari http://www.apjii.or.id/

v2/read/page/halaman-data/9/statistik.html.

Basu Swasta DH., dan T. Hani Handoko. (1997).

Manajemen Pemasaran Modern.

Yogyakarta: Liberty.

Faraz Farooq and Zohaib Jan. (2012). The Impact

of Social Networking to Influence Marketing

through Product Reviews. International

Journal of Information and Communication

Technology Reseacrh Vol 2 No 8

Felix Pratama and Sandy Wijaya. (2014). The

Impact of Marketing Promotion through

Social Media on People’s Buying Decision

of Lenovo in Intternet Era : A survey of

Social Media Users In Indonesia.

International Journal of Science and

Research Publication Vol 4 Issue 1.

Gumilar (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai

Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri

Kreatif Fashion Di Kota Bandung. Jurnal

Ilmu Politik dan Komunikasi 5(V). Hlm.7784

Gurnelius and Susan. (2011). 30-minute Sosial

Media Marketing, United States: McGrawHill

Companies.

Hamed Karamian. (2015). Do Social Media

Marketing Activities Increase Brabd

Equity?. International Journal of Economy,

Management and Socal Sciences.Vol 4 No 3.

Pavel Ciprian. (2013). The Growing Importance of

Social Media in Business Marketing.

Quaetus Multidisciplinary Journal.

Prima Qurrota Ayun. (2015). Fenomena Remaja

Menggunakan Media Sosial dalam

Membentuk Identitas. Jurnal Ilmu

Komunikasi Vol 3. No 2 Universitas Ahmad

Dahlan.

Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan

Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex

Komputindo.

Ratih Indriani. (2015). Penggunaan Media Sosial

pada Komunikasi Pemasaran L’Cheese

Factory di Pekanbaru. Jurnal FISIP

Universitas Riau.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suryana,Yuyus. (2010). Kewirausahaan:

Pendekatan Karakteristik Wirausahawan

Sukses. (edisi pertama). Jakarta: Prenada

Media Group.

We are Social. (2015). Digital, Social and Mobile

in 2015. Diakses tanggal 27 Maret 2017 jam

35 dari https://wearesocial.com/

sg/specialreports/digital-social-mobile-2015.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i5.10082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1