PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TYPING MASTER TERHADAP KETERAMPILAN MENGETIK SISTEM 10 JARI BUTA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Lusi Wahyuni, Siti Umi Khayatun Mardiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta; (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran Typing Master terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta; (3) pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran Typing Master secara bersama-sama terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten yang berjumlah 82 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif; uji prasyarat analisis yang terdiri atas uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinieritas; dan uji hipotesis yang terdiri atas uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta sebesar 56,3% (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran Typing Master terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta sebesar 57,8% (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran Typing Master secara bersama-sama terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta sebesar 59,9%.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Typing Master, Keterampilan Mengetik Sistem 10 Jari Buta


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Eko Putro. (1999). Pengetahuan Mesin-Mesin Kantor. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Kemendikbud. (2013). Otomasi Perkantoran 1 Bahan Ajar Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Depok: Direktorat Pembinaan SMK 2013.

Khairunnisa. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mengetik Manual Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. UNY.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Typing Innovation Group Ltd. (2016). Typing Master 10 for Windows. Diakses pada 20 April 2017 dari http://www.typingmaster.com.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Yunita Febriana. (2015). Pengaruh Fasilitas, Disiplin, dan Motivasi Belajar terhadap Kecepatan Mengetik Manual pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Diakses pada 2 Mei 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter