PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PEMANFAATAN FASILITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017

Yenisa Rizki Hawa, Sutirman Sutirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar, (2) pemanfaatan fasilitas terhadap motivasi belajar, (3) lingkungan sekolah dan pemanfaatan fasilitas terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex- post facto dengan pendekatan kuantatif. Subyek penelitian adalah 54 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Bantul Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran sebanyak 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan : (1) lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar sebesar 32,7% dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05; (2) pemanfaatan fasilitas terhadap motivasi belajar sebesar 17,3% dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05; (3) lingkungan sekolah dan pemanfaatan fasilitas terhadap motivasi belajar sebesar 39% dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05.

 

Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Pemanfaatan Fasilitas, Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Dimyati Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Eveline dan Hartini. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Azhar Arsyad. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran: Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter