PENGEMBANGAN E-LEARNING PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA

Beni Mulyadi, Muslikhah Dwihartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan e-learning, (2) mengetahui kelayakan e-learning pada standar kompetensi mengoperasikan aplikasi perangkat lunak di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Pengembangan e-learning menggunakan model pengembangan yang meliputi: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi. Teknik  pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket. Ujicoba E-learning dilakukan pada ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, dan 64 siswa kelas XI Administrasi Perkantoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-learning berhasil dikembangkan melalui tahap analisis, desain, pengembangan, dan implementasi; (2) E-learning memiliki fitur teleconference untuk pembelajaran praktek dan pembelajaran jarak jauh. (3.a) e-learning memperoleh kriteria “Sangat Baik” dengan rerata penilaian 4.25 dari ahli materi; (3.b) e-learning memperoleh kriteria “Sangat Baik” dengan rerata penilaian 4.27 dari ahli pembelajaran; (3.c) e-learning memperoleh kriteria “Baik” dengan rerata penilaian 4.00 dari ahli media; (3.d) ujicoba e-learning memperoleh kriteria “Baik” dan “Sangat Baik” dengan rerata penilaian 3.98 dan 4.08 pada ujicoba tahap satu dan lapangan.

 

Kata lunci: Pengembangan, E-learning


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

I Kadek Suartama & I Dewa Kade Tastra. (2014). E-learning Berbasis Moodle. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Wina Sanjaya. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter