EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA

Budi Ekowati, Siti Umi Khayatun Mardiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya efektivitas pemanfaatan laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan responden siswa kelas X dan XI sebanyak 96 sebagai sampel dari  populasi 127 siswa, 4 guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran, dan 3 pengelola laboratorium Administrasi Perkantoran yang terdiri dari Kepala Laboratorium dan 2 teknisi laboratorium. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik persentase dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pemanfaatan laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 7 Yogyakarta masuk dalam kategori efektif dengan perolehan persentase sebesar 80,4%. Indikator efektivitas pemanfaatan laboratorium Administrasi Perkantoran terdiri dari: (1) indikator input masuk kategori kategori efektif dengan perolehan persentase sebesar 80,6%, (2) indikator proses masuk dalam kategori efektif dengan perolehan persentase sebesar 71,2%, dan (3) indikator output masuk dalam kategori sangat efektif dengan perolehan persentase sebesar 89,3%.

 

Kata kunci: Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Administrasi Perkantoran.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anti Damayanti Hamdani dan Isma Kurniatanty. (2008). Buku Ajar Manajemen dan Teknik Laboratorium. Yogyakarta: Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga.

Barnawi & M. Arifin. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

E Mulyasa. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim Bafadal. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori Dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mardiasmo. (2002). Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: Penerbit Andi

Kemenristekdikti. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Richard Decaprio. (2013). Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Wahyuningrum. (2004). Buku Ajar Manajemen Fasilitas Pendidikan. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter