PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN

Renda Ariani, Joko Kumoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh: (1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar, (2) Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar, (3) Motivasi Belajar dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar pada standar kompetensi Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK  Negeri 1 Yogyakarta dengan 40 responden. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan 63 responden siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara: (1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar sebesar 20,6%. (2) Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar  sebesar 20,8%. (3) Motivasi Belajar dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar sebesar 25,9%.

 

Kata kunci: Motivasi belajar, Cara Belajar, Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


Eveline Siregar & Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

M. Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad Fathurrohman & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu pembelajran sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutratinah Tirtonegoro. (2001). Anak Supranormal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zein. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter