PENGARUH PENGALAMAN PPL DAN PEMAHAMAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Putri Rorisa, Muhyadi Muhyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) besarnya pengaruh pengalaman PPL terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY, 2) besarnya pengaruh pemahaman informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY, 3) besarnya pengaruh pengalaman PPL dan pemahaman informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto, dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini yaitu 79 mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY angkatan tahun 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen kepada 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 FE UNY, terdiri atas uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua serta regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengalaman PPL berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru sebesar 14,6% dengan nilai Sig. sebesar 0,001 < 0,05 ; (2) pemahaman informasi dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru sebesar 39,8% dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 ; (3) pengalaman PPL dan pemahaman informasi dunia kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru sebesar 42,6% dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05.

Kata kunci: Pengalaman PPL, pemahaman informasi dunia kerja, minat menjadi guru.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdul Rachman Abror. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Taira Wakana.

Jeanne Ellis Ormrod. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Erlangga.

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

TIM Penyusun Panduan PPL UNY. (2014). Panduan PPL. Yogyakarta: UNY Press.

Yeni Muslihatul. (2013). Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa dengan Pemberian Layanan Karierdi SMA N 13 Surabaya. Jurnal Bimbingan Konseling. Universitas Negeri Surabaya.

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter