PENGELOLAAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK ABDI NEGARA MUNTILAN

Mike Oviana Sari, Muslikhah Dwihartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengelolaan laboratorium Administrasi Perkantoran, 2) hambatan dalam pengelolaan laboratorium Administrasi Perkantoran, dan 3) upaya untuk mengatasi hambatan dalam pengelolaan  laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Abdi Negara Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Informan kunci penelitian ini yaitu Ketua Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Sedangkan informan pendukung yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Guru Produktif Administrasi Perkantoran, dan Teknisi Sekolah.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pemeriksaan  keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengelolaan Laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Abdi Negara Muntilan dalam perencanaan pengadaan peralatandilakukan setiap awal semester. Pengorganisasian laboratorium Perkantoran belum  maksimal, karena belum ada struktur organisasi secara khusus, sehingga pembagian tugas tidak  jelas dan tegas. Pemeliharaan laboratorium belummaksimal, dikarenakan tidak dilakukan secrarutin. Pengawasan laboratorium  belum maksimal, karena belum dilakukan rutin dan belum ada standar khusus untuk mengawasi. 2) Hambatan dalam pengelolaan laboratorium Administrasi Perkantoran yaitu terbatasnya anggaran dana sekolah untuk pengadaan peralatan dan perlengkapan laboratorium, kurangnya koordinasi antar pengelola laboratorium Administrasi Perkantoran, pemeliharaan laboratorium yang kurang baik. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu pengadaan peralatan dan perlengkapan disesuaikan dengan kebutuhan yang paling mendesak, koordinasi antar pengelola laboratorium dilakukan pada saat bertemu secara langsung, pemeliharaan dilakukan dengan  membersihkan alat dan ruangan laboratorium pada saat akan digunakan, serta perbaikan pada alat yang  rusak, pengawasan penggunaan dan kondisi peralatan laboratorium oleh guru pengampu mata pelajaran.

 

Kata Kunci: Pengelolaan, Laboratorium, Laboratorium Administrasi Perkantoran 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Barnawi, & M.Arifin. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Didi Wahyu Sudirman, (2006). Pengembangan Kapasitas Laboratorium Administrasi. Jurnal Efisiensi FISE ADP (Vol VI).

George R. Terry (2000). Prinsip-Prinsip Manajemen (Alih Bahasa: J Smith). Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. (2004). Manajemen: Dasar, Pengertian, Dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim Bafadal. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah (Teori dan Aplikasinya). Jakarta: Bumi Aksara.

Manullang. (2008). Dasar-Dasar Manajemen . Yogyakarta: Gajah Mada University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter