RELEVANSI STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN DENGAN PELAKSANAAN PRAKERIN

Agnes Lutvita Sari, Muslikhah Dwihartanti

Abstract


Abstrak

       Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi Standar Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dengan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan sebanyak 34 orang dan seluruh instruktur/pembimbing prakerin di DU/DI sebanyak 9 orang dari 9 DU/DI. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Standar Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan cukup relevan dengan pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin). Hal ini ditunjukkan pada jumlah siswa menjawab paling banyak masuk dalam kategori cukup relevan yaitu sebanyak 12 siswa (35,29%) dari jumlah responden 34 siswa dan jumlah pembimbing/instruktur menjawab paling banyak masuk dalam kategori cukup relevan yaitu sebanyak 4 pembimbing/instruktur (44,44%) dari jumlah responden 9 pembimbing/instruktur.

 

Kata Kunci: Relevansi, Standar Kompetensi, Praktik Kerja Industri.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anas Arfandi. (2008). Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Kota Makassar. Jurnal Cakrawala Pendidikan Tahun 2008 Nomor 2. FT Universitas Negeri Makassar.

Anas Sudijono. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2000, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kepmendikbud. (1997). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 323/U/1997 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Kejuruan.

Masriam Bukit. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Kejuruan: Dari Kompetensi Ke Kompetisi. Bandung: Alfabeta.

Nyoman Ardika. (2011). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada SMK Negeri 2 Seririt. Jurnal Manajemen Pendidikan. Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Suharsimi Arikunto. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter